Twitter, WordPress dan Shortlink

Twitter, WordPress dan Shortlink. Akankah ketiganya menjadi kebutuhan Anda? Seorang tweeps holic belum tentu membutuhkan wordpress jika dia bukan seorang blogger. Namun terkadang dia juga membutuhkan shortlink baik untuk menyisipkan rekomendasi link atau menyisipkan link foto dan lainnya.

Namun bagi seorang tweeps yang merangkap blogger menggunakan platform wordpress.org tentu akan sangat membutuhkan shortlink setiap posting artikelnya untuk dibagikan dalam timeline akun twitternya.

Sebenarnya sudah banyak sekali situs penyedia shortlink. Bahkan ada yang auto generated publish artikel terbaru + shortlinknya di tweetnya.

Tapi kali ini ada kabar gembira dari wordpress. Untuk update core wordpress versi 3.1 sudah disediakan fasilitas shortlink yang terpasang pada float navigasi bagian paling atas blog kita bersama menu2 lainnya. Menu navigasi ini akan keluar saat kita login dasbor wordpress admin. Saya jadi teringat menu seperti ini muncul saat saya masih di wordpress.com.

Shortlink WordPress 3.1

Shortlink WordPress 3.1

Tinggal klik Shortlink maka akan muncul link pendek yang menuju link halaman tersebut. Shortlink tersebut menggunakan domain Wp.Me

Sebagai contohnya adalah halaman post ini shortlinknya adalah http://wp.me/p15oj4-bP

Tinggal copas di tweet dan siap untuk di promosikan.

43 thoughts on “Twitter, WordPress dan Shortlink

  1. Pingback: Tweets that mention Twitter, Wordpress dan Shortlink | Blog Dani Setiyawan รƒโ€šร‚ยป Blogging | Motivasi | Teknologi | Informasi -- Topsy.com

  2. Tapi yang mau cuman kalo pakai browser chrome. Kalau firefox saya tidak mau mas. Entah browser firefox saya yang tidak update atau memang tidak bisa

  3. semakin lengkap aja fiturnya..
    tapi di blog saya kok ndak ada ya mas, fasilitas shortlink itu..
    ato mungkin servernya yang ga support y..

  4. Info yang menarik ya.
    Memang enak kalo bisa pakai short link.

    Tapi menurut saya pribadi ya, lbh baik pakai link panjang (klo u/ blog) krn begitu terbaca nama blognya, orang lebih tertarik u. membukanya. Kalau hanya singkatan, sering dilewati begitu saja. ^_^
    Memang berpulang pada selera masing2..

  5. Saya juga melihatnya tadi, Den. Ketika sedang update blog komunitas blogger babel.Tapi masih belum berminat memakainya.

    Thk’s sudah berkenan mampir kekandang saya.

  6. Di blog saya malah nggak muncul admin-barnya mas, padahal saya sudah login. Mungkin pengaruh theme yang saya gunakan atau bisa jadi karena saya pernah ngedit beberapa file di core wordpress. Saya sudah updgrade ke 3.1 kok.

  7. Saya ndak ada lho, soalnya saya kan ndak pakai pengaya statistiknya wordpress, tanpa itu pranala pendek WP.ME tidak akan tersedia meski sudah upgrade versi terkini :).

    • Berarti bar itu muncul jika kita pake plugin wp stats mas? Pantas saja banyak juga yang tidak muncul meskipun dia sudah login admin wordpress

      • Dicoba saja Mas, setahu saya seperti itu sejak awal WP 3.0 kemarin. Kalau yang tidak menggunakan pengaya itu, jadinya malah ndak pendek tapi pakai nama-domain/p?xxx (nomor urut tulisan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: