Tampilan Baru Facebook

Sekedar info untuk rekan-rekan WBC bahwa sekarang tidak hanya blogger yang berencana menambah fitur-fitur nya yg dirilis di draft.blogger.com, pagi tadi tampilan facebook saya telah berubah tidak seperti biasanya yang kita lihat setiap hari. Perubahan yang terjadi adalah pada tata letaknya dan kemudahan aksesnya yang tidak perlu membuka halaman baru untuk fitur-fitur tertentu yang sebelumnya harus membuka halaman baru.

Saat saya mencoba mencari informasi di Kaskus ternyata tepat awal tahun 2010 ternyata sudah ada yang memasang thread bahwa tampilannya sudah berganti seperti perubahan tampilan pada facebook saya. Jadi saya termasuk ketinggalan info mengenai perubahan tampilan facebook ini. Bagaimana dengan tampilan facebook rekan WBC? Apakah sudah berubah tampilannya sejak tahun baru? Atau sebaliknya masih bertahan di tampilan facebook yang lama?

Apa perubahan yang terjadi?

Perubahan pada tampilan facebook yang sekarang secara umum letaknya ada tiga tempat, seperti pada screenshoot gambar diatas. Disana dijelaskan :
  1. See new requests, messages and notifications grouped together by the Facebook logo.
  2. Easily access your messages, applications and chat on the left side of the page.
  3. Manage privacy settings and log out using the Account menu above.

1. See new requests, messages and notifications grouped together by the Facebook logo.

Rekan-rekan WBC mungkin sudah tau artinya. Ya betul, facebook yang dahulunya mempunyai tab-tab menu seperti Home | Profil | Friends | Messages, sekarang semua sudah dirubah tata letaknya. Pada halaman facebook bagian pojok kiri atas yang sebelumnya sebagai tempat logo Facebook, sekarang logo Facebook tersebut ditemani dengan beberapa icon yaitu requests, messages and notifications. Kelebihan dari fitur ini adalah kita tidak perlu membuka halaman baru jika ada penambahan permintaan, pesan dan notifikasi tersebut. Kinerja dari ketiga fitur tersebut adalah sama dengan icon notifikasi yang sebelumnya letaknya di samping chat facebook di pojok kanan bawah halaman facebook. Jika kita klik icon tersebut maka akan muncul halaman kecil yang menginformasikan siapa saja yang melakukan request, mengirim ƒâ€š pesan ataupun notifikasi kita. Lebih bagusnya lagi jika terdapat penambahan terdapat pemberitahuan berupa jumlah angka dalam kotak berwarna merah seperti pada notifikasi terdahulu. Cukup memudahkan kita.

Contohnya adalah pada friend request saya, yaitu yang baru saja request untuk menjadi teman saya. Setelah saya klik icon request maka muncul seperti di bawah ini :



2. Easily access your messages, applications and chat on the left side of the page.

Apa artinya ini? Betul, pada tampilan baru bagian samping kanan halaman homepage facebook kita terdiri dari pesan, aplikasi dan chat.
Messages terdiri dari : News Feeds, Messages, Events, Photos dan Friends.
Applications terdiri dari :ƒâ€š  Applications, Games, Ads and Pages, Groups, Notes, Links dan lain-lain.
Chat facebook yang menampilkan siapa saja temen facebook kita yang online juga ditampilkan disini.

3. Manage privacy settings and log out using the Account menu above.

Tampilan baru facebook pada halaman bagian pojok kanan atas terdiri dari Home, Profil dan Account. Untuk review selebihnya saya serahkan ke rekan-rekan WBC semua.

Dibawah ini adalah tampilan Homepage dari Facebook saya. Jika terlalu kecil silahkan klik saja gambarnya untuk melihat ukuran gambar sebenarnya.



Cukup sekian info dari saya, terima kasih untuk kunjungannya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *