On-Page Optimization

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang SEO, kali ini saya akan merinci lebih lanjut tentang Tips SEO di Blog. Sudah kita tahu sebelumnya bahwa agar web/blog kita bisa menjadi jajaran teratas mesin pencari solusinya adalah kita paham akan  SEO. Bagi rekan WBC yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging maupun SEO pasti sudah paham betul tips apa saja yang harus diketahui dalam per-SEO-an ini.

Dari berbagai sumber yang saya baca, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam kacamata SEO terdapat dua hal penting yang sangat mendasar. Dua hal penting itu yaitu on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog dan off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog. Berikut akan saya coba jelaskan satu persatu agar lebih jelas.

On-Page Optimization

On-Page Optimization ini adalah optimasi di dalam halaman blog kita. Optimasi ini meliputi dua hal utama yaitu blog attribute dan content attribute.

1. Blog Attribute
Blog attribute ini meliputi 6 hal yaitu : Nama domain, Nama Blog, Meta tag, Desain / theme blog, Gambar, dan Atribut HTML.
  • Nama domain
Nama domain merupakan alamat URL kita, contohnya untuk blog WBC ini adalah http://www.wbcwonogiri.blogspot.com/. Meskipun nama domain mempunyai peran dalam SEO namun untuk sekarang tidak lagi menjadi hal yang utama dalam SEO. Jadi kita tidak perlu bingung-bingung mencari nama domain yang sesuai dengan tema yang ingin ditulis dalam blog. Kita sebaiknya lebih konsen menciptakan nama domain yang mudah diingat dan mudah dilafalkan.
  • Nama Blog
Nama blog boleh sama dengan nama domain, tetapi juga boleh berbeda. Sesuaikan saja dengan tema yang ingin rekan tulis dalam blog rekan. Meskipun nama domain rekan WBC adalah nama rekan sendiri, namun dalam nama blog ini rekan WBC boleh diisi dengan tema blog rekan. Misalkan nama domainnya http://www.danisetiyawan.blogspot.com/ namun nama blognya adalah Blog Motivasi | Dani Setiyawan. Atau nama blog lain seperti Tips Trik Blogging, dll. Sesuaikan dengan kata kunci yang ingin dibidik. Pilih nama yang mudah diingat dan dilafalkan.
  • Meta tag
Meta tag merupakan uraian singkat mengenai isi blog kita dan keyword yang ingin dibidik. Usahakan ringkas namun terarah, sebaiknya panjang meta tag tidak lebih dari 80 karakter.
  • Desain / theme blog
Desain / theme blog mempunyai nilai yang cukup tinggi dalam SEO. Semua platform blog sekarang ini sudah memiliki sifat SEO friendly. Sebelum memantapkan memilih theme blog kita perhatikan juga struktur kode konten di dalamnya.
  • Gambar
Gambar juga memberi nilai tersendiri dalam SEO. Saat pencarian image melalui search engine penggunaan gambar juga berpengaruh dalam keberhasilan SEO ini. Usahakan panjang atribut gambar tidak lebih dari 40 karakter.
  • Atribut HTML
Atribut HTML ini meliputi struktur heading tag html. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.

2. Content Attribute
Content attribute berkaitan dengan isi yang rekan posting ke dalam blog. Content blog yang perlu diperhatikan dalam SEO ada 4 hal yaitu : Kata kunci (keywords), Jumlah kata kunci, Variasi kata kunci dan  Posisi kata kunci. Berikut penjelasannya :
  • Kata kunci (keywords)
Kata kuci adalah kata yang menjadi topik utama pada artikel di dalam blog. Pemilihan kata kunci ini dalam kacamata SEO adalah hal yang sangat penting. Kata kunci inilah yang akan dibaca oleh mesin pencari (search engine). Semakin tepat kita memilih kata kunci maka semakin tinggi nilai kita di mata search engine dan masuk ke jajaran teratas pada halaman search engine tersebut. Otomatis akan berimbas pada traffic ke blog kita.
  • Jumlah kata kunci
Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci ini dipengaruhi oleh panjang pendeknya artikel. Sebaiknya dalam satu artikel kita memasukkan 2-5 kata kunci sebagai senjata agar terbaca oleh mesin pencari. Terlalu banyak kata kunci menyebabkan hal yang negatif juga untuk blog kita, bisa-bisa dianggap spam oleh mesin pencari.
  • Variasi kata kunci
Selain pemilihan kata kunci dan jumlah kata kunci, hal yang diperlukan dalam SEO adalah variasi dari kata kunci tersebut. Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang dibidik tidak tepat sama dan sekedar diulang-ulang. Alih-alih mengulang-ulang sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila Anda menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang dibidik. Hal ini selain untuk mencegah stigma spam content oleh mesin pencari, juga akan semakin memperkaya perbendaharaan kata kunci yang Anda bidik.
  • Posisi kata kunci
Sebagai panduan, posisi kata kunci sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya agar isi artikel tetap alami, kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri.
Off-Page Optimization
Off-Page Optimization akan saya jelaskan pada posting berikutnya.
Semoga bermanfaat

2 thoughts on “On-Page Optimization

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: