Ngeblog Mampu Memperbaiki Karakter Seseorang

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari aktivitas ngeblog. Yang paling banyak dibicarakan mungkin menjadi lebih terkenal dan monetise (menghasilkan uang). Bagi yang menginginkan ketenaran, melalui blog bisa menuliskan hal-hal yang menimbulkan pengakuan orang lain. Bagi yang menginginkan uang atau penghasilan, dengan ngeblog yang mempunyai lalu lintas tinggi akan menarik perhatian pemasang iklan menyewa tempat untuk branding bisnis clientnya.

Tapi hal yang kadang terlupakan oleh seorang narablog adalah hal yang sangat esensial yaitu dengan ngeblog kehidupan maupun karakter kita akan menjadi lebih baik. Aktivitas blogging akan cenderung membuat kita lebih terorganisir dalam pekerjaan, lebih menghargai waktu, bisa mengelola waktu dengan baik, selalu menjadi pembelajar dan selalu siap untuk membantu orang lain.

Sebagai seorang blogger, apa Anda pernah menuangkan pikiran, ide maupun kritik yang membangun kepada blogger lain?

Tentunya pernah bukan? Kecuali seorang blogger yang tidak mau bergaul dengan blogger lain. Jika Anda termasuk blogger jenis ini, silahkan memikirkan tentang hal tersebut.

Blogging membuat Anda lebih baik

Orang yang datang berkunjung ke blog Anda tentu tidak akan melihat berapa uang yang telah Anda hasilkan. Seberapa pandai Anda dalam menguasai suatu bidang. Apa gelar Anda, seorang mastahkah Anda? Mungkin beberapa itu penting, namun ada hal yang lebih penting.

Yaitu Karakter Anda.

Mereka tidak hanya melihat Anda dari pakaian yang Anda kenakan, ataupun style yang digunakan. Mereka sudah pandai dalam menilai. Sebagus apapun baju yang dikenakan belum tentu dapat mengubah ataupun memperbaiki karakter Anda. Karakter yang terlihat jelas adalah Karakter Penulisan. Mereka menjadi lebih menghargai karya orang lain. Sehingga outputnya mereka selalu ingin memberikan karya-karya tulisan originalnya. Bukan sekedar copas karya orang lain. ƒβ€š Semakin bijak pula dia.

Dengan adanya dorongan tersebut membuat seorang blogger selalu ingin memberikan yang terbaik. Terbaik belum tentu lebih baik dari yang lain, namun terbaik dari proses yang dicapainya. Toh setiap hal tidak hanya dilihat dari hasil akhirnya, namun proses juga berkontribusi besar disitu.

Jadi mari kita nilai seorang blogger tidak hanya dari hal-hal teknis saja.

Well Organized

Maksudnya pandai dalam mengorganisasi apapun. Saya bingung mau memberi istilah apa. Jika ingin sukses dalam ngeblog tentu harus mempunyai pengorganisasian yang baik. Tanpa pengorganisasian yang baik tak akan mungkin bisa mengalahkan para selebloger.

Seseorang perlu ditata dalam karyanya. Jika sudah menemukan karakternya, semuanya pasti akan terpola.

Baik dalam Manajemen Waktu

Waktu jam sehari mungkin untuk sebagian blogger dirasa masih sangat kurang untuk aktivitas bloggingnya. Ingin menghasilkan lebih banyak konten berkualitas dan juga mempromosikan posting artikel Anda. Seseorang yang mempunyai pekerjaan tetap di dunia offline tentu akan berusaha membagi waktunya untuk bisa menulis di blognya di sisa waktunya setelah bekerja. Seorang mahasiswa seperti saya ini akan membagi waktunya menulis selepas dari kampus.

Seperti contoh bang Jeprie pengelola desaindigital.com, tidak setiap hari beliau menulis di blognya. Mungkin 2 hari sekali atau setiap menulis langsung 2 artikel karena saya sering berkunjung kesana. Dulu mungkin bang Jeprie bisa menulis setiap hari. Lalu untuk apa waktu selainnya? Dengan manajemen waktu yang baik, bang Jeprie bisa ngeblog sambil menulis buku, menulis tutorial eksklusif di web tutorial luar negeri, dan berbagai kesibukan lainnya.

Contoh lain seperti mas Agus Siswoyo dan Marga Satrya, berawal dari ngeblog membawa mereka menjadi orang yang lebih menghargai waktu. Bahkan mas Agus ini timeline twitternya sampai penuh seharian penuh tidak cukup ingin berbagi ilmu-ilmu baru yang diperolehnya. Mas Satrya yang juga masih kuliah sering mendapat orderan theming wordpress berkat kemampuan lebihnya tentang membuat theme wordpress. Berawal dari ngeblog membuatnya selalu belajar dan mengembangkan hal-hal baru yang ditemuinya. Mas Satrya juga mau memberikan theme gratis untuk pembacanya. Inilah bukti menjadi seorang blogger lebih suka berbagi dan lebih baik dalam memanage waktu.

Suka Memberi & Berbagi

Apa yang kita tuliskan dalam blog tentu kita ƒβ€š tujukan kepada pembaca kita. Kita pasti akan memberikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pembaca. Kita akan memberi ilmu baru kepada yang membacanya. Meskipun apa yang kita tulis hanya sekedar dokumentasi untuk diri sendiri, namun bagi orang lain yang belum pernah mengetahui hal itu tentu akan menambah pengetahuan mereka. Jadi jangan ragu untuk menulis apa saja, asal kita yakin pasti akan bermanfaat. Mereka yang suka akan tulisan kita ada yang senang hati membagikannya ke teman yang lain. Share button pada akhir post terkadang juga penting untuk memperluas jangkauan tulisan kita.

Ini hanya opini pribadi, saya mengundang untuk berdiskusi disini. Silahkan menambahkan di kotak komentar. Banyak hal yang belum tertulis disini.

47 thoughts on “Ngeblog Mampu Memperbaiki Karakter Seseorang

  1. saya setuju banget klo blogging itu bermanfaat. Saya adalah newbie di dunia blogging. dan saya merasakan betapa banyak ilmu dan inspirasi yang selama ini telah membuat saya buta dengan kisah kehidupan. kadang tertawa, kadang berpikir dan kadang simpati melihat tulisan-tulisan para blogger. tapi yang jelas saya juga berminat untuk monetasi blog, ntarlah tunggu waktu yang pas.. hehhehe.. salam kenal kawan

    • Haha.. betul juga mas Yoga.. Saya di dunia nyata sedang ngerjain skripsi baca buku-buku rasanya males banget, tapi giliran baca tulisan temen blogger bisa cepet banget, πŸ˜†

  2. setuju banget mas,,
    walaupun saya masih sangat baru dalam dunia blog tapi saya merasa kalau kepribadian saya sudah mulai ada perubahan,
    apakah efek blogging sampai sedahsyat ini ya,,
    hehehehe salam kenal mas,
    saya tunggu kunjungan balik mas dani,
    sukses selalu buat mas dani,,
    (^_^)

  3. Saya rasa ada peluang untuk itu, selama bersedia untuk belajar bersama-sama. Tapi jika memang tidak ada niatan demikian, saya rasa malah justru sia-sia belaka, apalagi kalau dari awalnya memang ingin menggembungkan pundi-pundi rupiahnya tanpa peduli hal-hal lainnya. Atau sengaja menulis untuk mendiskreditkan pihak-pihak tertentu.

    • Apa itu juga pengalaman pribadi mas? πŸ˜†
      Sementara ini saya ngeblog juga untuk suka2, sebagai aktualisasi diri dan mencari teman tentunya… Semoga terjalin tali erat silaturahmi antar narablog ya mas…

  4. Heheee,kenapa topik ini tak terpikirkan oleh saya.Sauuttt buat ide postingnya dhan.

    Saya ingin menambahkan; menurut pengalaman saya, ngeblog juga mampu mengasah kecerdasan spiritual sekaligus media intrispeksi diri.kenapa?

    Pertama kita sering mengeluarkan ide dan selalu mendapatkan banyak masukan pada saat bersamaan.

    Kedua,apa yang sudah kita lakukan terhadap blog (blog pertama saya pada 2007 misalnya),akan menjadi media koreksi untuk diri sendiri yang sangat besar manfaatnya. Sekaligus lucu,ketika diingat sebagai nostalgia…

    • Interaksi sesama blogger sangat membantu kita untuk terus maju… Apalagi jika interaksi itu diteruskan ke dunia offline…
      Mari berlomba2 untuk kebaikan blog kita dan narablognya tentunya.. πŸ˜€

  5. Ini baru artikel motivasi blogging! saya setuju dan salut..Thank’s a lot mas Dhany atas pencerahannya.

    Ketika seseorang kehilangan hartanya, sebenarnya ia tidak kehilangan apapun.
    Ketika ia kehilangan kesehatannya, ia baru kehilangan sesuatu.
    Akan tetapi….
    Ketika ia kehilangan karakter ia pasti kehilangan semuanya

    Keep on blogging

  6. nambahin mas dhany, karakter yang terbentuk dari menulis adalah kejujuran, ini lebih sulit daripada berbicara, bicara saja dapat diputar balikkan dalam hitungan menit, tapi menulis perlunya membaca, memperhatikan kosa kata, hingga menulis lebih sering terlihat jujur memang itulah yang ingin disampaikan.

    • Betul banget mas, saya melupakan aspek kejujuran untuk saya tulis diatas.. itulah mengapa saya mengajakk untuk berdiskusi disini.. Terima kasih tambahannya mas…

  7. Yup, saya setuju sekali dengan uraiannya, Bung. Ya, meski terlihat sepele, tapi jika dilakukan dengan serius dan sepenuh hati, blogging bisa membawa banyak sekali dampak positif bagi kita secara pribadi. Ingat, menulis secara tertaur adalah cara terbaik melatih otak. Rosihan Anwar, wartawan senior kita, mengatakan kalau di usinya yang sudah sangat senja dia masih bisa mengingat banyak hal dengan sangat baik. Rahasianya? Karena ia sejak kecil sudah rajin menulis.

    • Berawal dari hal-hal kecil mampu menjadikan kelebihan bagi kita ya mas… Inspiratif banget sharenya mas, sesuai banget dengan cara kerja otak kita.. Jika kita ingin menggapai sesuatu maka visualisasikan dalam bentuk fisik atau tulisan..

  8. paling tidak, seorang narablog bisa menghargai hasil karya orang lain, yang tertuang dalam komentar-komentar yang dia berikan.

  9. Masih banyak karakter yang musti diperbaiki nih. Dari ketiga karakter di atas, baru yang terakhir yang dmiliki walaupun baru sedikit :)

  10. Menurut sarah, karakter semua bisa di bangun bukan hanya dengan blogging, tapi juga dalam kehidupan dan interaksi antar sesama.
    Karakter itu bisa mempengaruhi rasional atau tidak rasionalnya pemikiran seseorang sehingga dapat menimbulkan wibawa dan kharisma.
    Krakter tidak perlu di konsep tapi perlu di kelola dengan rasional atau tidak rasionalnya, dan karakter itu akan terbangun sendiri selama norma di jalankan.
    Seperti enstein berkata yang membentuk ilmuan hebat bukan dari intelektual tapi dari karakter.

    Jadi karakter itu tidak perlu di konsep seperti diatas, karena nantinya pembaca akan menjadi beban dan mencari apakah dia punya karakter?
    Sebenarnya semuanya punya, tapi jika di tekan akan suatu konsep malah akan hilang, dan meniru jadi bukan karakter lagi.

    Seorang teroris pengebom dan seorang penjinak bom mempunyai keahlian yang sama yang mebedakan hanya karakternya.

    Jadi karakter tak perlu di konsep biarkan berjalan seperti air, itulah karakter sejati.

    • Hebat mbak, itulah kenapa akhir-akhir ini semakin gencar para narablog saling ngadain kopdar baik di bali, jogja, jakarta, surabaya. Untuk saling bertatap muka dan menunjukkan jati dirinya. Tulisan diatas terbatas semata hanya pandangan dalam aktivitas blogging, jika dibandingkan dengan di kehidupan mungkin hanya seberapa persen saja.. Saya coba bahas yg sempit saja… Oleh karenanya saya mengajak temen-temen untuk saling menambahkan…
      Terima kasih mbak Sarah…

  11. Seperti ditulis di atas, saya nulis post blog biasanya di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Kalau sedang tidak sibuk, kadang nulis dalam dua hari itu bisa menyelesaikan posting untuk hampir satu bulan.

    Mengatur waktu memang penting agar bisa menangani semua pekerjaan.

    • wah ini nih tips yang sangat berguna buat kita, ngeblog seminggu hanya 2 hari sudah bisa menghasilkan tulisan yang sangat bagus untuk blogging dlam sebulan.. Hebat mas, semoga yang lain juga ikut terinspirasi..

  12. mmmmm… iya juga ya,
    manajemen waktu, bisa untuk belajar mengatur waktu dengan baik ya.
    pengembangan karakter…
    karakter kita kan tercermin lewat posting-posting yang kita lakukan…
    oke Mas dHaNy…

  13. saya mulai jarang ada waktu utk ngeblog mas dhan karena kesibukan dunia offline.. tp saya usahakan ttp 3 hari sekali update postingan biar ttp fresh

  14. Dengan bloggin pasti banyak manfaatnya, asal dilakukan dg bijak dalam pengaturan waktunya, tetap menjaga kondisi kesehatan karena kebanyakan para blogger juga hobi lembur dan begadang heee … jgn sampai gara2 ngeblog malah jadi sakit2an heeee

    dan pastinya banyak banget pengetahuan dan wawasan yg bisa kita serap dari berbagai jenis NICE blog temen2 yg kita kunjungi … seperti komentar mas Dhany kalau baca buku rada malas2an tapi kalau baca postingan temen bisa cepet banget tuntasnya …. belum lagi kalau mau membuat postingan ttg tutorial pastinya kita akan mencari referensi pendukung dan tentu akan tambah lagi wawasan dan pengetahuan kita

    Yang sering menjadi kendala seseorang untuk menulis di blog kadang-kadang datangnya dari diri sendiri, seperti malas menulis, malas mengupdate, tulisan harus bagus, harus terkenal, hasil tulisan harus muncul di halaman satu search engine dan lain-lain.

    Blogging selain sebagai media untuk mengekpresikan diri, berisi catatan pribadi, hasil penelitian, informasi dan lain-lain, blogging juga dapat mengarahkan opini publik mengenai kondisi tertentu baik di bidang ekonomi, politik sosial, kehidupan pribadi seorang tokoh, publik figur dan sebagainya. Tulisan di blog juga dapat membuat seorang kandidat presiden menjadi terpilih, atau justru bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Blog juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran, e-learning dan ikut berperan untuk mencerdaskan suatu bangsa. Aku NgeBlog Maka Aku Keren !, dan banyak manfaat yang bisa diperoleh. Bahkan kini perusahaan-perusahaan besar mulai melirik blog sebagai alat pemasaran.

    Ok, keep blogging dan tetap semangat …

    • Aku Nge Blog Maka Aku Keren !
      Wah mas Alwi bisa jadi pemeran utama filmnya nih… Semoga ada produser yg membaca komentar mas Alwi ini.. πŸ˜€
      Banyak sekali tujuan ngeblog dari bermacam2 karakter narablognya jadi efek yg ditimbulkan bermacam2 pula.. Blog yang bersinergi dengan media jejaring sosial sangat ampuh untuk media campaign.. Sifatnya yg selalu update bisa menjadi acuan banyak orang untuk mengetahui informasi terbaru. Seperti contohnya stasiun nasional Metro TV yang sekarang pemberitaannya mengenai gencatan senjata di Libya menjadi acuan pemberitaan dunia. Situs berbahasa Inggrisnya menjadi rujukan para pencari berita..
      Mengenai sering begadang saya termasuk salah satunya, sampai ada hashtag #BloggerMalam πŸ˜†
      Rasa malas dari dalam diri kadang juga dari luar yaitu koneksi inetnya yg super duper ngesot.. hehe

    • So pasti sob.. tetap semangat untuk ngeblog apalagi Google akan rilis algoritma baru lagi namanya Caffeine.. Blog yang sering update hal2 yang bermanfaat akan memenangkan serp pertama…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: