Mengubah Text Editor dan Membuat Tabel di WordPress

Aktivitas blogging pasti sangat erat dengan aktivitas tulis menulis. Tulis menulis di blog WordPress membutuhkan sebuah text editor pada halaman new post pada alamat http://namadomain.com/wp-admin/post-new.php. Text editor dilengkapi dengan tombol-tombol fungsi untuk mempermudah memodifikasi tulisan kita.

Secara default WordPress menyediakan dua baris button-button tersebut. Untuk blogger seperti saya sudah cukup memanfaatkan fasilitas default itu.

Tapi coba bandingkan dengan text editor pada pengolah kata beken seperti Microsoft Office. Mungkin yang ada pada text editor WordPress hanya ditemui pada tab Home di Microsoft Office.

Nah jika Anda ingin menambahkan button-button untuk fungsi lain, anda bisa memanfaatkan sebuah plugin yang bernamaƒโ€š TinyMCE Advanced.

Tampilan text editor hasil dari pluginƒโ€š TinyMCE Advanced adalah seperti di bawah ini.

Mengubah Text Editor WordPress dengan TinyMCE Advanced

Mengubah Text Editor WordPress dengan TinyMCE Advanced

Jika dilihat ada beberapa fungsi yang tidak terdapat pada text editor default dari WordPress yaitu Membuat tabel pada WordPress. Dan masih banyak lagi tentunya.

Jika Anda berminat silahkan mendownload dan menginstal plugin ini di alamatƒโ€š http://wordpress.org/extend/plugins/tinymce-advanced. Silahkan bereksplorasi dengan WordPress Anda.

32 thoughts on “Mengubah Text Editor dan Membuat Tabel di WordPress

  1. Wow, jadi makin komplit toolbar-nya ya mas? ๐Ÿ˜€
    Kalau saya biasanya ngetik draft di Word terus poles di dashboard. Hmm, dengan ini bisa kerja satu kali ya, ga usah copy paste.
    Sip! ๐Ÿ˜€

  2. Wihi..makin keren aja nih WP, makin banyak plugins yang ciamik ๐Ÿ˜€
    Saya malah baru tau mas ada plugins ginian ๐Ÿ˜€
    Mantep deh, cihuiiii! ๐Ÿ˜€
    Thx infonya :)

  3. Dulu sempat nge-bug, akhirnya saya berhenti memakainya, dan fokus di WLW. Tapi lihat nanti deh, rasanya masih bisa diakali via HTML editor :).

  4. pernah nyoba, tapi ya gitu, agak2 error, jadi kalau mau bikin tabel dan sejenisnya, mending langsung pakai html editor

  5. Seringnya ketik manual codingnya heee …. sekalian biar hafal, untuk yg suka kepraktisan plugin ini cocok banget gak ribet mikirin nulis code

  6. bagus pluginnya untuk membuat tabel.. dulu saya biasanya membuat tabel di postingan dengan cara paste from MSword. cuma hasilnya agak berantakan.

  7. Pingback: Cara Membuat Tabel di Blog - Dani Setiyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: