Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Oleh : Dani Setiyawan

Perkembangan teknologi telah merubah kebiasaan, budaya, gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern. Sebelumnya telah terjadi revolusi agraris yang merevolusi teknologi-teknologi pertanian yang menggantikan tenaga manusia. Revolusi industri telah menggeser peran tenaga manusia digantikan oleh peran mesin-mesin Industri. Akhir abad 21 menjadi awal pergeseran jaman dari era industri menuju era informasi setelah ditemukannya tekologi digital diawali dengan penemuan komputer, internet dan jaringan telekomunikasi yang terus dikembangkan hingga saat ini.

Kemajuan teknologi digital diawali dengan teknologi analog. Teknologi analog hingga saat ini tetap dibutuhkan dan disinergikan dengan teknologi digital dalam pertukaran informasinya.

Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Penemuan Internet dan Jaringan Telekomunikasi Digital

Tak bisa dipungkiri bahwa penemuan jaringan internet dan jaringan telekomunikasi digital adalah tonggak awal kejayaan teknologi digital dan teknologi informasi saat ini. Melalui internet dan jaringan telekomunikasi digital arus komunikasi semakin cepat ditambah lagi dengan menjamurnya vendor-vendor pesawat telekomunikasi seperti handphone, smartphone, dan sebagainya. Informasi yang sebelumnya hanya bisa dilihat melalui layar televisi ataupun audio di pesawat radio sekarang bisa langsung dimonitor melalui layar handphone dan smartphone yang kita pegang setiap hari.

Penemuan jaringan internet telah melahirkan jutaan situs-situs dengan beragam konten yang menyuguhkan informasi-informasi aktual di seluruh dunia. Konten-konten apapun seperti berita, gaya hidup, hobi, teknologi terbaru, tutorial, olahraga dan semua hal bisa ditemukan di internet. Proses pencarian informasi makin dipermudah dengan lahirnya situs-situs mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Dengan semakin berkembanganya bahasa-bahasa pemrograman di komputer maupun berbasis server melahirkan situs-situs baru dengan konsep baru. Manusia semakin dimanjakan dengan teknolgi digital satu ini. Apalagi sekarang muncul teknologi cloud computing.

Gaya hidup menjadi berubah setelah kemunculan situs-situs sosial media (social network) yang memudahkan interaksi ke sesama tanpa jarak dan waktu. Jejaring sosial yang paling berpengaruh adalah Facebook dan Twitter. Dengan kemudahan dan jangkauan yang luas, social network raksasa ini masih memikat hingga saat ini.

Kelebihan dan Kelemahan Teknologi Informasi Digital

Teknologi digital memiliki banyak kelebihan dari pada teknologi sebelumnya. Teknologi digital berkembangan pesat seiring perkembangan komputer yang kapasitasnya peningkatannya tidak bisa diimbangi oleh teknologi lainnya. Dulu kita hanya mengenal penyimpanan dalam byte dan kilobyte kini kita dapat dengan mudah menjumpai kapasitas dalam terrabyte.

Teknologi digital juga memiliki kelebihan dalam proses distribusi data. Data bisa dikirimkan dalam berbagai jenis data maupun jumlah dalam sekali pengiriman. Data bisa dikirimkan secara utuh tanpa melalui proses pemecahan bahkan bisa di-repeat‚sehingga sinyal-sinyal rusak akan tergantikan data yang lebih bagus.

Teknologi digital juga efisien dalam segi biaya karena perangkat-perangkat yang digunakan kebanyakan adalah komponen elektronika yang sudah di-compact dalam bentuk Integrated Circuit (IC) atauchips.

Kekurangan dari penggunaan teknologi digital ini antara lain : semakin meningkatnya permintaan saluran informasi, kesalahan pada saat digitalisasi, masih didominasinya teknologi analog dan kekurangan lainnya.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Tuntutan di Era Globalisasi ini, teknologi digital juga semakin subur di Indonesia. Jumlah investasi ke operator seluler, provider internet maupun jasa telekomunikasi lainnya terus meningkat baik dari investor lokal maupun dari luar negeri. Hal ini didukung oleh semakin meningkatnya jumlah pengguna handphone, jumlah pengguna internet di Indonesia serta semakin canggihnya handphone dan smartphone masa kini. Perusahaan-perusahaan operator seluler semakin bersaing untuk meningkatkan layanannya, hingga saat ini mereka semakin fokus pada layanan data baik untuk kepentingan individu customer, korporasi, pendidikan, pemerintahan, sosial kemasyarakatan, ekonomi, kesehatan, hankam dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Teknologi Digital di Dunia Pendidikan

Kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari sistem pendidikannya. Pendidikan menjadi sorotan utama sebelum mengembangkan sektor-sektor lainnya karena sektor lain pasti terlebih dulu melalui jalur pendidikan. Perkembangnan teknologi digital di Indonesia telah merambah ke dunia pendidikan. Esensi pendidikan tidak hanya diidentikkan dengan bertatap muka di kelas antara pendidik dan peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran. Namun dengan bantuan teknologi informasi digital, pendidikan dapat dilaksanakan jarak jauh melalui E-Learning, sekolah online, video tutorial, tele-conference, slide share, dan lain-lain. Peserta didik semakin dibebaskan dalam mengembangkan pengetahuan serta imajinasinya sehingga menciptakan peserta didik yang mandiri, kreatif, berinisiatif dan semangat belajar tinggi. Teknologi ini lebih dikenal sebagai Information and Communication Technologies (ICT). Saat saya kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta yang notabene menjadi percontohan kampus lain dalam implementasi E-Learning ini, sangat memudahkan saya dalam proses belajar setiap mata kuliah yang saya ambil. E-learning di UNY ini dikenal dengan BE SMART. Saya bisa mendownload materi-materi yang disediakan secara sistematis dan runtut sehingga saya lebih siap dalam menerima materi di kelas nantinya. Pengumpulan tugas-tugas dan review pun dilakukan melalui E-learning ini. Kita pun bisa membuka pokok-pokok materi yang diajarkan di jurusan lain. Secara tidak langsung menambah wawasan saya tidak hanya di lingkup jurusan yang saya pelajari. Tidak hanya BE SMART yang diperuntukkan bagi mahasiswa, UNY juga memiliki ruang jurnal dan karya ilmiah untuk dosen dan tenaga pendidik lainnya di Eprints UNY.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

BE SMART, E-Learning di Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan tidak hanya melalui lembaga pendidikan formal maupun lembaga pendidikan non formal namun bisa juga melalui website-website pendidikan, portal berita maupun personal blog. Website yang memiliki kredibilitas bagus sangat mengedepankan keaktualan berita maupun artikel-artikel yang dipublikasikan. Salah satu contohnya PusatTeknologi.com yang meliput dan mengulas berita teknologi terbaru dan memberikan tips dan trik menarik yang sangat bermanfaat bagi pembacanya. Pusat Teknologi dikelola oleh orang yang berkompeten dalam media digital sehingga informasi-informasi yang disuguhkan dapat dipertanggungjawabkan.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

PusatTeknologi.com

Proses pendidikan juga bisa dilakukan melalui komunitas-komunitas yang memiliki kesamaan ketertarikan maupun disiplin ilmu tertentu. Salah satu contoh komunitas yang getol mengedukasi member-membernya adalah Komunitas Blogger Nusantara. Blogger Nusantara selalu mendukung penuh kegiatan-kegiatan komunitas blogger di daerah (seperti Plat-M, KBJ, Blogger Maros,dll) dalam penulisan blog, etika blog, berinternet sehat, serta mendukung penuh konten-konten lokal untuk melestarikan budaya daerah. Diharapkan lahir banyak blogger-blogger yang menyuarakan indahnya budaya daerahnya, indahnya Indonesia. Blogger Nusantara berhasil menjaring blogger-blogger seluruh Indonesia dengan mengawali Kopdar 1000 Blogger Nusantara.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Kopdar 1000 Blogger Nusantara

Pemanfaatan Teknologi Digital di Bidang Ekonomi

Di bidang ekonomi, perkembangan teknologi digital telah melahirkan berbagai situs jual beli terkenal seperti Amazon, Ebay, Alibaba, dan lain-lain. Telah lahir juga mesin-mesin platform web e-commerce seperti ZenCart, Magento, Prestashop, OpenCart, dan lain-lain.

Di Indonesia toko online kini telah mewabah. Kesadaran masyarakat bahwa berbelanja di dunia maya semakin aman dan terpercaya semakin tinggi. Situs jual beli besar semacam Kaskus, Multiply,Toko Bagus, Berniaga, BliBli, DealGoing, Plasa dan lainnya telah berani berinvesatasi lebih dalam promosi situs mereka. Bahkan ada yang sudah berani memasang iklan di televisi. Artinya toko online kini menjadi komoditi baru yang memiliki prospek cerah. Mereka mendirikan Asosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA) untuk masa depan e-commerce di Indonesia.‚Hal ini tentu juga mendorong entrepreneur-entrepreneur baru khususnya entrepreneur muda yang diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi melalui usaha-usaha kecil yang mereka rintis.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Trend Toko Online di Indonesia

Menurut DishubKominfo, pasar bisnis e-commerce di Indonesia akan terus meningkat seiring dengan terus meningkatnya infrastruktur pendukung internet Indonesia.‚Azhar Hasyim Direktur E-Business Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kemkominfo) menyebutkan bahwa untuk tahun 2012 pasar e-commerce diperkirakan menembus angka 33 Triliyun rupiah.

Digitalisasi Masuk Pemerintahan Desa

Kemajuan teknologi informasi digital kini telah merambah ke sistem informasi pemerintahan pedesaan. Bahkan desa terpencil di perbukitan yang jauh dari kota pun telah mengimplementasikan sistem informasi desa yang sangat bagus. Desa Mandala Mekar,‚Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya menjadi contoh desa yang menerapkan digitalisasi dalam pemerintahan desanya. Semua pelayanan administrasi dilayani dalam sistem informasi yang apik.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Portal Desa Mandala Mekar

Desa Mandala Mekar memiliki Portal desa di alamat MandalaMekar.co.id.‚Portal desa ini menggunakan mesin SID yang dikembangkan oleh COMBINE Resource Institution berlisensi GPLv2 dengan tambahan modifikasi dari Tim Mandalamekar Go Open Source (MGOS), Kecamatan Jatiwaras, Tasikmalaya. Seluruh konten dalam portal desa tersebut berlisensi CC-BY-SA-NC. Desa Mandala Mekar makin mudah berinternet meskipun terletak di lereng perbukitan berkat bantuan internet gratis dari APJII dan CombineRI.

Acara Festival jawa Kidul (Jadul Fest) menjadi bukti eksistensi desa ini dalam mengajak pembangunan desa. Desa Mandalamekar merupakan Desa pertama yang menggelar Festival Gerakan Desa Membangun.

Pemanfaatan Teknologi Digital Di Sektor Lain

Penerapan teknologi digital masih sangat luas penerapannya untuk pembangunan negeri ini. Teknologi digital sangat diperlukan untuk dunia medis dalam keakuratan diagnosa penyakit, penyembuhan penyakit, maupun proses klinis lainnya. Teknologi digital sangat dibutuhkan dalam penyelesaian tugas-tugas administrasi perkantoran dan data statistik yang rumit. Teknologi digital sangat membantu proses transaksi jual beli dan level kecil maupun besar untuk kekuatan ekonomi bangsa ini. Hampir semua sektor sekarang membutuhkan kecanggihan teknologi digital ini.

Kesimpulan

Pada akhirnya, teknologi digital memiliki peran yang sangat strategis dalam kemajuan negara Indonesia ini. Saat ini kita membutuhkan SDM-SDM yang berkompeten dan bernurani yang siap memajukan bidangnya masing-masing. Dan itu bisa dimulai dari diri kita sendiri. Semoga dengan penguasaan teknologi informasi digital, Indonesia menjadi negara yang setara dengan negara lain dan mampu mengangkat konten-konten lokal menjadi kekayaan budaya kita di dunia internasional. Mari maksimalkan teknologi di sekitar kita , Indonesia menunggu kontribusi kita!!!

Image Courtesy :

Artikel ini diikutsertakan dalam‚Ngawur Writing Contest ¢‚¬“Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia¢‚¬ oleh Komunitas Ngawur.

19 thoughts on “Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

  1. Pingback: Pengumuman Pemenang NGAWUR Writing Contest | Ngeblog Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: