Membuat Foto Profil Facebook Lebih Keren

Kali ini saya hanya akan berbagi tutorial singkat tentang cara membuat foto profil facebook kamu lebih keren. Keren disini yaitu foto profil facebookmu tidak hanya menampilkan gambar di sidebar bagian kiri saja, namun foto profil akan nyambung ke 5 foto-foto tag terakhir di bawah nickname profil facebookmu. Tidak hanya itu foto profil juga akan nyambung ke wall terkahirmu yang berupa publish foto. Sehingga hasil akhirnya bisa terlihat seperti potongan-potongan foto yang tersusun sangat presisi seperti potongan foto aslinya. Semoga tidak terlalu ribet kata-kata saya. Lebih jelasnya dengan melihat contoh gambar di bawah ini.

Foto Profil Facebook Danisetiyawan.com

Foto Profil Facebook Danisetiyawan

Sudah mulai ada gambaran bukan? Sebenernya saya sudah sangat lama menggunakannya dan sudah banyak juga yang sudah membahas tentang tutorial ini. Namun gak ada salahnya saya bahas disini untuk iseng-iseng saya nulis dan untuk dokumentasi sapa tau nantinya saya lupa.

Cara membuatnya

Ada dua cara dalam membuat foto profil facebook keren seperti diatas. Ada cara manual menggunakan Photoshop dan menggunakan aplikasi online. Cara kedua tentu lebih praktis, tapi kita juga membutuhkan photoshop atau aplikasi editing gambar lain untuk mengubah ukurannya agar gambar yang ingin di crop/potong sesuai dengan yang kita harapkan.

Cara 1, Manual menggunakan Photoshop

Jika menggunakan cara menual menggunakan photoshop, maka kalian harus paham betul tentang ukuran-ukuran foto profil dan foto tag pada halaman profil facebook.

Yang kita butuhkan yaitu file gambar (bisa berformat jpg atau png) yang berukuran 700×520 px (piksel). File inilah yang akan kita potong untuk membuat foto profil facebook.

Tutorial ini saya ambil dari labnol.org pada pembahasan Customize your Facebook Profile Page. Namun disini saya akan mereview dan mengoreksi sedikit kekurangan pada tutorial tersebut. Anda juga bisa menggunakan file phostoshop berupa layout foto yang akan dibuat dan disana sudah diberikan ukuran-ukurannya. Ada baiknya silahkan menuju kesana dahulu sebelum saya beritahukan sedikit kekurangannya. Kemudian download filenya psd nya disini.

Tutorial edit foto profil facebook lebih keren

Jika file tersebut dibuka di photoshop maka sudah ada sampel foto Obama seperti diatas dengan ukuran 700 x 500 px dan sudah di petak-petak sesuai ukurannya. Urutan ukuran dari kiri ke kanan yaitu 200 px dan sisanya 100 px semua. Nah yang bener seharusnya setelah 200 px ada space/ruang sebesar 20 px yang harus di hilangkan. Sehingga urutan yang benar seharusnya 200 px, 20 px, 100 px, 100 px,100 px,100 px,100 px.

Yang perlu diketahui juga, dibawah nickname profil facebook kita ada beberapa informasi tentang diri kita baik status, tempat tinggal, tanggal lahir, sekolah, tempat kerja, dll. Nah informasi itu bisa terdiri dari beberapa baris, ada yang hanya 1 baris, 2 baris dan maksimal 5 baris. Nah itulah alasan mengapa jika kalian melihat sampel foto dibuat space 70 px di bagian paling atas. Jika info di profil facebookmu 5 baris tentu akan lebih dari 70 px.

Jika sudah silahkan crop 6 area yang terdiri 1 area dari kotak paling besar untuk foto profil (ukuran 200 x 500 px) dan 5 area foto tag setelah spcae 20 px tadi (ukuran 100 x 68 px).

Simpan ke 6 file tersebut dan unggah ke facebook. Foto paling besar untuk foto profil dan 5 foto lain silahkan tag / tandai ke facebookmu dengan urutan dari yang paling kanan ke yang paling kiri. Seperti pada gambar dibawah.Urutan tag foto profil facebook keren

Cara 2, Menggunakan Aplikasi Online

Sebenernya banyak sekali aplikasi online yang menyediakan tool untuk membuat  foto profil facebook keren ini. Anda tinggal mengupload file yang ingin dibuat dan otomatis terpotong dan kita tinggal mendownloadnya atau di publish langsung ke profil facebook kita.

Berikut beberapa aplikasi pembuat foto profil facebook tersebut :

1. Picscatter.com

Aplikasi ini sangat simpel dan sangat mudah penggunaannya. Anda hanya tinggal mengupload file mu (dianjurkan berukuran 700 x 540 px). kemudian klik Publish to facebook dan otomatis profilmu akan terganti. Berikut penampakannya.

Edit Foto Profil Facebook

Fitur yang bisa digunakan pada aplikasi ini antara lain :

  • Tombol – dan + untuk add dan remove jumlah baris info facebookmu yang berada dibawah nickname facebook seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Sesuaikan saja dengan jumlah baris info profil facebookmu.
  • Zoom untuk memperbesar gambar jika dirasa masih kurang pas penempatannya.
  • Download picture
  • Publish to facebook

Kelebihan dari aplikasi online ini tentu lebih mudah penggunaannya, lebih fleksibel dan ada penambahan 3 foto pada publish wall terakhir yang juga merupakan bagian dari foto utama. Sehingga foto di facebook mu akan terlihat semakin sempurna.

2. Profile Maker

Profile  maker berupa aplikasi facebook yang cara penggunaannya pada dasarnya hampir sama dengan menggunakan picscatter. Cukup upload , desain dan create. Silahkan langsung menuju Go to App dan ikuti petunjuk disana. Saya tidak harus menjelaskan panjang lebar disini. Saya yakin Anda bisa.

Profile Maker

Ada cara ketiga namun saya tidak begitu rekomen yaitu menggunakan Lunapic.com.

Perlu dijadikan catatan bahwa jika ada seorang temen facebookmu yang tag kamu di foto facebooknya maka otmoatis foto kelima foto tag mu akan bergeser. Pada bagian paling kiri akan muncul foto tag dari temenmu. Karena setting tag ini belum bisa dibuat statis dengan pilihan foto tag yang inigin kamu tampilkan di profil, maka kalian harus menyembunyikan foto tag terbaru dari temen-temen kamu dengan klik tanda silang (x) pada pojok kanan atas fotonya. Awas jangan sampai foto tagmu yang kamu silang.

Silahkan mencoba

Gratis Tutorial WP Via Email!

Follow us!

Related Post :

Comments & Responses

11 Responses so far.

  1. Bogit Hatake says:

    Coba-coba….

  2. iandhika says:

    yang pastinya gmn seh caranya?

  3. aldy says:

    ora ngerti

  4. andik says:

    sip mas, tak coba dulu…

  5. Jepang says:

    Menurut saya itu mah repot . Kalau saya tinggal buka link ini aja http://timelinecoverbanner.com/11/paper-texture-facebook-timeline-banner-background/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jawab Dulu: