Memasang Status Google+ Pada Blog Tanpa Plugin

Memasang Status Google+ Pada Blog Tanpa Plugin.

Bulan ini saya memang sering menulis tentang Google+, karena memang saat ini Google+ paling hangat dibicarakan di ranah jejaring sosial. Jejaring sosial milik Google ini memang sangat layak untuk dicoba karena fitur2 barunya yang membedakan dengan jejaring sosial yang lain seperti circle, spark, hang out, game, dan lainnya.

Sebelumnya saya memang sudah pernah menulis tema serupa tentang cara memasang dan menampilkan status google+maupun profil Google+ di blog wordpress self hosted. Anda dapat membaca kembali pada postingan :

Namun bagaimana jika ingin memasang status google+ atau feed google+ pada blogspot (blog berplatform Blogger tm) ?

Kali ini saya akan membahas tentang cara‚memasang status google+ pada blog tanpa plugin. Tanpa plugin disini berarti kita tinggal mengambil kode dan memasangnya pada sidebar/widget blog kita. Dengan begitu‚memasang status google+ pada blogspot dapat dilakukan dengan cara berikut ini, begitu pula dengan blog wordpress.com.

Cara‚Memasang Status Google+ Tanpa Plugin

Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan memanfaatkan web penyedia layanan ini yaitu Google+ Widget. Anda bisa mengaksesnya pada alamat‚http://widgetsplus.com/.‚Google+ Widget ini akan menghasilkan widget seperti timeline pada twitter, yaitu feed status terakhir google+ akan bergantian bergeser keatas sesuai urutan waktu publish. Demonya seperti pada sidebar blog ini sebelum saya hapus, :)

Memasang Status Google+ Pada Blog Tanpa Plugin

Memasang Status Google+ Pada Blog Tanpa Plugin

 

Pada web tersebut terdapat dua kolom dimana bagian kanan adalah preview dari profil Google+ kita dan bagian kiri adalah bagian setup.

Klik Get Widget pada kolom bagian kiri, sehingga tampil beberapa setting yang harus diatur.

Pada Basic Setting, masukkan ID Google+ Anda. Contoh ID Anda seperti pada gambar di bawah.

Jika sudah memasukkan ID Google+ Anda, maka pada intinya kita sudah bisa mengambil kodenya dengan menekan Get Code pada kolom kiri. Namun jika Anda ingin mengaturnya sesuai dengan style dan ukuran yang diinginkan, maka kita harus melakukan beberapa setting yang terdapat pada menu-menu lainnya seperti Basic Setting, Main Area Setting, Tittle Setting, Name Text, Button dan Button Text.

Basic Setting

Google+ ID = ID Google+ Anda

Text Font = Untuk mengatur jenis huruf ‚pada widgetnya

Widget Width = Lebar width yang diinginkan, ukuran dalam pixel

Include Update Feed = Untuk menampilkan status terakhir Google+ kita atau tidak. Jika tercentang maka status terakhir akan tampil, jika tidak tercentang maka tidak akan nampil.

Language = Bahasa yang ingin ditampilkan

Main Area Setting

Background color = Warna pada latar (format kode html warna, contohnya‚f5f5f5). Jika ingin merubah tampilan default klik pada isian kodenya maka akan muncul popup warna dan kita tinggl klik warna yang diinginkan.

Line color dan‚Border color pengaturannya sama seperti diatas.

Tittle Settings

Tittle = Jika tercentang maka judul widget akan tampil

Google+ logo = Jika tercentang maka logo Google+ akan tampil

Tittle Text = Text pada button, defaultnya Add me on. Anda bisa menggantinya sesuai keinginan Anda.

Tittle color = Warna judul widget

Yang lainnya pasti bisa memahami kan?

Semoga sedikit tips tentang cara‚Memasang Status Google+ Pada Blog Tanpa Plugin‚bermanfaat untuk menambah wawasan.

26 thoughts on “Memasang Status Google+ Pada Blog Tanpa Plugin

  1. Saya juga baru beberapa hari yang lalu gabung mas, temen blm banyak jd blm kepikirang utk di psg di blog. Sukses utk mas dani 😀

    • Saya sebenernya juga belum sepenuhnya aktif di G+ mas, cuma nempelin link postblog aja untuk sementara ini.. temen yg sering update cuma mas Enda dan para senior.. Agaknya G+ belum bisa membuat orang kecanduan… Banyak pula yang belum kenal…

  2. saya termasuk orang yang menghabiskan waktu di google plus mas, ini karena game2nya dan selain itu mudah bersosialisasi dengan beberapa circles kita,

    (kita bebas mengatur kemana stream kita terpublikasikan)
    walaupun secara kasat mata fb punya fitur circles seperti G+ tapi G+ untuk sementara ini masih nyaman lah digunakan hehe

  3. Apakah hasilnya sama seperti yang muncul pada setiap halaman di bawah artikel ini?

    Google plus sepertinya menarik,tetapi tunggu banyak teman penggunanya dulu untuk ingin lebih aktif kesana

    • Demonya bisa dilihat pada sisi kanan blog ini saat masuk halaman posting mas… Dibawah box follower twitter, saya kemarin juga asal add temen2 blogger lain dan banyak juga yang memberikan timbal balik add profil saya ke circle nya mas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: