Kunci Sukses adalah Kesabaran

Bila seseorang memutuskan terjun sebagai wirausaha, salah satu syarat untuk survive adalah kesabaran. “Tidak ada sukses yang instan di bisnis. Perlakukan bisnis sepertiƒâ€š setiap hari, sehingga sukses hari ini hanya journey (perjalanan), bukan destination (tujuan).

Zuper sekali pernyataan dariƒâ€š Tri Setyo Budiman, ketuaƒâ€š ASOSIASI Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) ini. Pengalamannya dalam berdagang bakso sudah tidak diragukan lagi. Beliau berhasil merubah image penjual bakso yang dulunya terkesan terpinggirkan, jorok dan kumuh menjadi sebuah restoran yang megah, bersih dan berkelas.

Kunci Sukses Bakso Ino

Tri Setyo Budiman

Bakso dengan brand Bakso Ino yang merupakan nama dari anaknya (Platinum) dibawah payung PTƒâ€š Perdana Putra Utama tersebut tidak semata-mata sukses dengan cara instan. Pak Tri melewati berbagai rintangan kegagalan.

Kunci Sukses Bakso Ino

Salah satu kunci suksesnya adalah pemilihan lokasi. Tri biasa menongkrongi calon lokasi kedai berhari-hari sebelum memutuskan mendirikannya di sana. Menurutnya “Kalau kita pakai prinsip lima P dalam marketing, di bisnis kuliner itu tiga P, pertama place (lokasi), baru product (produk) dan price (harga)“.

Itu hanya sebagian kecil saja kunci sukses pak Tri. Kesuksesan akan kembali lagi kepada individu masing-masing karena kemauan berperan besar disini. Menurut Purdi E Chandra kesuksesan belum tentu diraih dengan sepatu yang sama karena setiap orang mempunyai size yang berbeda-beda. Mari kita temukan karakter kita dalam berbisnis dan kita kembangkan untuk meraih kesuksesan. Dan jangan lupa bersedekah.

Pak Tri juga merupakan sosok dibalik hadirnya penyajian bakso untuk Obama di istana negara. Kuliner lain yang disajikan disana yaitu Pecel Lele Lela milik pak Rangga Umara. Semoga bakso dan kuliner indonesia lainnya makin mendunia. Dan kita temukan kunci sukses untuk diri kita.

27 thoughts on “Kunci Sukses adalah Kesabaran

  1. Bisa jadi inspirasi juga untuk yg baru terjun ke dunia internet atau bisnis online biar tidak terobsesi cara2 bisnis yg instan/penjual mimpi dll …

    Dalam blogginpun mungkin sama dg dunia nyata dalam membangun dan mempopulerkan web/blog dibutuhkan kesabaran, konsistensi, keuletan dan tidak bisa instan. Kalau serba instan apalagi keseringan, yaaa kaya mie instan … makanan instan, fastfood dll untuk jangka panjang gak bagus … heee …

    • Arah tulisan ini sebenernya juga kesitu mas dari perspektif blogging, ternyata mas Alwi langsung tanggap.. Buat para penikmat yang instan2 bisa jadi renungan nih…

    • Langsung lewat pak kalo lurus,hehe… Jadi pengen mie ayam nih, kemarin nemu mie ayam utara bangjo monjali maknyus ternyata dari wonogiri juga.. #promosi:mode on

  2. Keren ya, berkat bakso sudah bisa menembus istana presiden. Dan, kalau memang kesabaran bisa membantu kita meraih cita-cita, kenapa rtidak mencobanya seperti Pak Tri?

  3. tapi sayangnya banyak yg gak mempunyai kesabaran itu :)
    segitu banyaknya bakso tapi tuakng bakso tetep laris manis :)

  4. usaha apa saja bila dilandasi rasa sabar dan tak kenal menyerah tentu akan menuai hasilnya…
    mohon sarannya maklum newbie.. bila ganti domain seperti mas dimana ya, mungkin bisa bantu, soalnya saya masih ragu mau beli.. takut ketipu

    • Pasti kang.. konsistensi pasti akan menuai hasilnya…
      sebenernya banyak kok mas penyedia domain lokal, dari yang murah sampai yang mahal dan kesemuanya terpercaya.. tanggal 24 kemarin saya baru saja order 2 domain di javahostindo.com. Kang Marto tinggal register jadi membernya kemudian lakukan oder domain dengan akun member tersebut, jika sudah langsung transfer sesuai harga domain baru konfirmasi lewat ym dg memberi tahu nomor transaksi ordernya langsung diproses kok..

  5. gak cuma dalam menjual bakso seperti tulisan diatas. ngeblog jg butuh kesabaran mas..

    saya ngeblog dl baru menghasilkan setelah 1 tahun looh.. jadi g ada yg instan kecuali indomie hehehe

  6. Pingback: » Seri Kekuatan Sebuah Kata : ‘sabar’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: