Host WordPress.com Kena Serangan DDoS

Host WordPress.com Kena Serangan DDoS. Awal maret ini menjadi mimpi buruk bagi wordpress.com maupun user aktifnya. Kemarin host wordpress.com berhasil diserang hacker dengan mode serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS). Masih hangat juga di ingatan kita website TvOne yang beralamt di http://www.tvonenews.tv juga menjadi bulan-bulanan hacker.

Akibat yang ditimbulkan dari serangan ke host wp.com ini membuat konektivitas benar-benar sangat buruk. Oleh karenanya pihak wp.com mengklain kejadian ini adalah serangan yang terbesar dalam sejarah.

Banyak sekali blog subdomain dari wp.com baik yang gratis ataupun VIP sangat berat untuk dibuka. Bahkan diperkirakan ada 18 juta host blog yang mengalami ketidaknyamanan ini. Tentu hal ini sangat merugikan semuanya.

Menurut laporan yang di posting oleh karyawan Automattic yaitu Sara Rosso di Lobby VIP perusahaan mengatakan bahwa meskipun data telah diarsipkan oleh Graham Cluley ke arah Naked Security. Namun serangan dengan ukuran mencapai Gigabits beberapa per detik dan puluhan juta paket per detik agak menyulitkan untuk menghentikannya.

Serangan denial-of-service dirancang untuk membanjiri situs web dengan request, secara efektif akan membuatnya down. Hal ini menjadi tantangan besar untuk memeranginya karena para hacker bisa saja sewaktu-waktu datang lagi dari berbagai arah karena luasnya jaringan internet.

Menurut CNET bahwa pukul 10.35 serangan itu telah mempengaruhi tiga pusat data perusahaan, dan merupakan yang terbesar dalam sejarah perusahaan pada 6 tahun terakhir. Bahkan Mullenweg mengatakan ada motif politik dibalik itu.

Update terkini pihak wp.com sudah bisa mengatasi serangan ini. Namun tidak tertutup kemungkinan sewaktu-waktu terjadi serangan lagi.

Nah dari pengalaman perusahaan sekelas wordpress ini ada baiknya kita selalu rajin membackup data-data blog kita. Karena bisa jadi sewaktu-waktu kita juga menjadi target serangan seperti pengalaman saya dulu dalam sebulan di deface 2 kali oleh hacker.

26 comments

    • dHaNy Post authorReply

      Bukan mas.. Itu kemarin lusa tapi sudah resolved cuma masih terus jaga2 tuh.. Kalau yg TvOne thread di kaskus baru tadi pagi sekitar jam 4 pagi…

  1. bro eser Reply

    Waduh, padahal artikel seperti ini sudah ada dalam daftar antrian dan rencananya akan saya publikasikan pada esok hari… Eh ternyata udah ada yang mendahului…,,, 🙁

    • dHaNy Post authorReply

      Waduh maaf mas bro.. tadi pas browsing-browsing nyari info baru eh nyantol info ini..

  2. Andi Sakab Reply

    saya rasa memang backup data itu wajib dan suatu keharusan karena memang kebetulan saya punya teman yang mengerti hal beginian dan ternyata membobol suatu website itu sangatlah mudah. makanya security seperti apapun pasti ada celahnya

    • dHaNy Post authorReply

      Wah semoga saya tidak menjadi target nih.. kapok dulu.. untung cuma dideface gak diacak2 datanya..

  3. Abu Furqan Reply

    Saya sudah lama tidak cek blog saya di wordpress.com, jadi tidak tahu ada masalah ini…

    • dHaNy Post authorReply

      Barusan saya dapet info dari temen katanya hostnya juga lagi eror.. time out terus mas…

  4. Joko Sutarto Reply

    Berarti tipe serangannya sengaja dibanjiri dengan request yang sangat banyak gitu, ya Mas sehingga server WP dot com jadi overload lalu down?

    Saya jadi ketar-ketir. Mudah2an blogspot aman tidak samapi terkena serangan seperti WP.

    • dHaNy Post authorReply

      Iya betul pak Joko… semoga blogspot tidak mengalami hal itu soalnya saya juga pengguna blogspot.. wp.com sudah lama sekali saya tidak menyentuhnya..

  5. Tongkonanku Reply

    Kalau gak salah teknik ini juga (DDoS) yg digunakan saat kaskus dan komnunitas yogyafree (sekarang berganti nama “xcode”) bersitegang.

    • dHaNy Post authorReply

      Wah saya malah gak ikutin berita itu kemarin mas… semoga tidak berimbas kemana2 ya…

  6. Bang ngangan.com Reply

    Mudah-mudaham blog saya yang buruk rupa dan menumpang sama mbah Google itu, tak mendapakan serangan separah ini.

    Tadinya saya kira info ini cuma gosip belaka, tapi melihat banyak yg poasting saya jadi percaya.

    • dHaNy Post authorReply

      Iya nih mas.. temen saya juga mengalami hal ini.. Moga aja hosting yang saya sewa juga tidak diserang seperti itu. hehe

  7. Realodix Reply

    Pihak pengelola WordPress harus berhati-hati tuh.. Tutup celah keamanan secepat mungkin. Masalahnya serangan yg diantarkan besar banget hingga Gigabyte per detik gitu.. 3 server langsung down..

    • dHaNy Post authorReply

      Bener mas langsung down dibanjiri data sebanyak itu.. kalau berlangsung lama citra wordpress bisa turun tuh, pada bermigrasi ke penyedia blog gratis lain…

  8. alid abdul Reply

    halah jangankan wp, gugle, yahoo, dan yang sekelas berat aja tiap hari menghadapi serangan kok. klo mw aman ya cabut jaringan internet hehe

    • dHaNy Post authorReply

      Betul. Tidak ada yang aman di dumya ini.. Harus siap menerima segala macam ancaman dari luar…
      Slam kenal mas Ali..

    • dHaNy Post authorReply

      Wah yang penting tetep semangat ngeblog mas.. percaya pada wp.com pasti punya tenaga2 ahli yang bisa mengatasi masalah tersebut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *