Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

Sebelumnya saya pernah membahas tentangƒâ€š Wisuda Peduli Lingkungan,ƒâ€š Hari Lingkungan Hidup Dunia 2011 hingga saya wisuda meskipun gak pakai toga go green yang berbahan recycle dari botol plastik. Kali ini saya akan membahas tema yang berkaitan juga dengan postingƒâ€š Cina Mulai Melarang Penggunaan Kantong Plastik. Tema lingkungan yang hangat dibicarakan saat ini adalahƒâ€š Hari Bebas Kantong Plastik Internasional (International Plastic Bag – Free Day 2011).

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

International Plastic Bag – Free Day merupakan aksi kampanye publik untuk mengurangi penggunaan sekali pakai dan ketergantungan terhadap kantong plastik atau kresek. Hari bebas kantong plastik internasional tahun ini dilaksanakan tanggal 3 juli 2011. Pada tahun 2009 hari bebas kantong plastik sedunia ditetapkan tanggal 12 september 2009.

Hari Bebas Kantong Plastik InternasionalKantong plastik terbuat dari turunan minyak bumi. Dan saat ini plastik merupakan salah satu penyubang sampah terbesar di dunia. Jika kita menghambur-hamburkan kantong plastik, sama saja kita telah menghambur-hamburkan sumber daya alam kita sendiri, kekayaan anak cucu kita.

Dengan meningkatnya kesadaran warga akan dampak negatif darisampah plastik, dapat mengurangi menumpuknya sampah plastik tersebut. Kesadaran yang kuat tentu mereka akan berbelanja dengan lebih bijak, yaitu membawa tas sendiri dari rumah saat berbelanja, tidak menerima pemberian kantong plastik, tidak memakai plastik hanya sekali pakai, dll. Pemerintah juga hendaknya memperketat peraturan tentang pembatasan peredaran kantong plastik di tanah air.

Sampah plastik yang terbuang ke laut akan mengganggu ekosistem laut. Ikan-ikan dan terumbu karang tentu mengalami imbas langsungnya.

Di luar negeri peraturan tentang pelarangan penggunaan sampah plastik ini sudah dilakukan oleh banyak negara. Salah satu yang sudah saya tuliskan yaitu pemerintah china. Di tanah air saya mencontohkan di Bali juga sudah menerapkan bebas kantong plastik di beberapa ritel. Hal ini juga tidak lepas dari peran para turis / wisatawan yang datang memberikan masukan-masukan tentang dampak negatif dari kantong kresek ini. Kantong plastik tentu juga sangat berpengaruh pada keindahan pantainya. Jika pantainya penuh dengan kantong plastik, bisa mengurangi daya tariknya bukan?

Cara yang langsung bisa diaplikasikan untuk mengurangi sampah kantong plastik yaitu dengan penggunaan reusable bag (tas daur ulang), tas kain atau tas yang ramah lingkungan lainnya saat berbelanja. Cara lain yaitu jangan memakai kantong plastik hanya sekali pakai. BELI – PAKAI – BUANG. Jika semua orang seperti ini, cepat sekali menumpuknya.

Plastik sendiri zatnya juga tidak mudah di daur ulang oleh tanah, jadi semakin lama tanah tidak akan semakin subur namun malah sebaliknya.

Mari kita pergunakan kantong plastik dengan bijak. Jangan seenak gue buang-buang sampah sembarangan, sekali pakai (eh suka-suka gue dong Dan…. ) Iya tapi coba pikir, dari hal kecil ini kita udah membantu bumi kita dari penumpukan sampah yang gak bisa diolah. Ujung-ujungnya kalau ada musibah dari sampah, kita saling lempar tanggung jawab.


a
[youtube-white-label id=”gq_ClteVbxA” height=”640″ width=”390″ autohide=”1″ autoplay=”0″ controls=”0″ branding=”1″ hd=”1″ rel=”0″ showinfo=”0″ thanks=”1″ autosize=”1″ border=”0″ cc=”0″ colorone=”” colortwo=”” disablekb=”1″ fullscreen=”1″ /]
a

14 comments

  1. Cahya Reply

    Kalau di Bali sih masih banyak kantung plastik berserakan. Kemarin saya melongok pada beberapa tempat sampah yang berisi tulisan “logam”, “organik” dan “anorganik” pada masing-masing tong yang berbeda. Eh isinya malah beraneka ragam.

    • dHaNy Post authorReply

      Iya mas di Bali bebas kantong plastik baru diberlakukan di beberapa swalayan… Edukasi dan kesadaran masih sangat kurang karena sudah menjadi pembiasaan massal, hehe…

      • Cahya Reply

        Pokoknya di Indonesia, di mana ada sampah numpuk, kesannya di sana “legal” untuk membuang sampah 😐 #menyedihkan.

        Sebenarnya daripada swalayan, mungkin pasar tradisional lebih hemat kantong plastik. Karena orang ke pasar biasanya bawa kantong plastik atau tas belanja sendiri, kalau di swalayan kan mesti dapat kantong plastik.

        • dHaNy Post authorReply

          Betul banget tuh mas… tiap ke swalayan atau warung pasti tanpa disuruh barang yang dibeli langsung diwadahin kantong plastik…
          Ya minimal kita tidak membiasakan langsung membuang kantong plastik yang masih bisa digunakan lagi… Atau menggantinya dengan tas lain…

    • dHaNy Post authorReply

      Wah betul juga mas… ngerokok udah jadi kebiasaan susah juga ngilanginnya…

  2. Triunt Reply

    Wah videonya gede itu dijembeng gitu.
    skrg supermarket banyak kan plastik ramah lingkungan, yg bisa terurai dalam tanah 🙂

    • dHaNy Post authorReply

      Itu belum jaminan juga mas 😀 masih tetep ramah pake kantong kertas, :mrgreen:
      Iya tuh malah videonya jadi mbleber gitu… tapi kalau udah di play gak gede segitu kok mas…

  3. Hanif Mahaldi Reply

    wah, mas dhany, memang bener sih kantong plastik semakin lama tidak semakin terurai, semoga dapat didaur ulang nantinya dengan teknologi yang lebih mutahir.

    • dHaNy Post authorReply

      Iya mas… tapi kapan indonesia bisa mendatangkan teknologi maju itu, hehe

  4. yoyo Reply

    ya iya lah bungkusan kresek kan sekarang sdh bnyk yg ramah lingkungan ..tapi lebih baik memang klo kita bawa tas belanja sendiri.. Nice info gan ane br tahu ada hari kresek sedunia..hhehehe 😀

    • dHaNy Post authorReply

      Iya mas, harusnya lebih baik bawa tas sendiri, mengurangi peredaran kantong plastik yang keluar entah yang ramah lingkungan atau bukan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *