Guyub Gugur Gunung Merapi #3Gmerapi

Bencana bisa datang kapan saja. Tak peduli siapa yang dilewatinya. Masih teringat akhir tahun lalu bencana bertubi-tubi melanda negeri kita. Kita dikepung berbagai bencana baik dari darat, laut maupun udara. Gempa bumi dan tsunami di Mentawai, meletusnya gunung Merapi, banjir bandang Wasior, terbakarnya kapal laut, kecelakaan pesawat terbang. Semuanya menjadi momok bagi kita semua. Saat itu Hari Blogger pun berubah menjadi hari berkabung. Baru-baru ini Jepang juga tertimpa musibah gempa bumi dan tsunami.

Sebagai bangsa yang kuat kita harus segera bangkit. Dukungan moril dan materiil kepada korban bencana dari segala kalangan sangat membantu proses penanganan dan pemuliha bencana.

Saya yang berdomisili di Jogja masih ingat jelas bagaimana saat-saat terjadinya letusan gunung merapi. Dari letusan pertama dan kedua membuat warga dibawah lereng gunung merapi terpaksa harus mengungsi ketempat yang lebih aman. Meskipun ada beberapa yang tidak sempat menyelamatkan diri termasuk alm Mbah Marijan.

Satu media yang sangat berjasa dalam penanganan bencana saat itu adalah Jalin Merapi. Jalin Merapi merupakan komunikasi radio yang dihubungkan dengan internet yang bisa diakses di alamat http://merapi.combine.or.id. Dihubungkannya jaringan komunikasi radio antara pos pemantau gunung merapi ini dengan internet tentu sangat tepat. Karena informasi paling update tentang merapi bisa langsung dipantau seluruh warga yang bisa mengakses internet dan nantinya informasi yang didapatkan tersebut bisa segera diumumkan kepada masyarakat. Dengan adanya Jalin Merapi ini masyarakat mendapatkan informasi yang sebenarnya. Bukan informasi yang menyesatkan.

Media lain yang sangat mendukung program Jalin Merapi adalah penggunaan media twitter. Jalin Merapi menyediakan akun di twitter‚@jalinmerapi. Setiap orang bisa memberikan informasi paling update tentang kondisi merapi ataupun kondisi pengungsi di tempatnya dengan langsung mention ke‚@jalinmerapi tersebut. Dengan menggunakan media twitter ini, program jalin merapi bisa terjadi dua arah yaitu jalin merapi juga bisa menerima informasi apa saja tentang merapi dengan mention akunnya dan akan terlihat di timeline twitter di website‚http://merapi.combine.or.id.

Jogja Bangkit

Saat ini, Jogja sudah bangkit. Karakter warga jogja yang pantang menyerah, saling gotong royong dan saling tolong menolong membuat warga Jogja lebih kuat untuk bangkit kembali.

Kita harus berterima kasih kepada seluruh relawan yang mau menolong dengan ikhlas warga korban merapi. Kita juga harus berterima kasih pada media sosial seperti twitter didukung oleh media Jalin Merapi, karena sangat membantu dalam penanganan bencana mulai dari penyampaian informasi kenaikan aktivitas gunung merapi, pengumuman untuk mengungsi, mengarahkan pemerataan bantuan, mengarahkan relawan dan masih banyak lagi.‚Peran media sosial ternyata juga sangat besar dalam penanganan bencana ini.

Guyub Gugur Gunung Merapi #3Gmerapi

Guyub Gugur Gunung Merapi #3Gmerapi

Guyub Gugur Gunung Merapi #3Gmerapi

Untuk mengenang cerita-cerita tentang merapi Jalin Merapi bekerja sama dengan beberapa Internet Sehat, Blogger Bengawan, Joglo Abang maupun anda sendiri bisa ikut bergabung, akan mengadakan acara‚Guyub Gugur Gunung Merapi (#3Gmerapi). Acara ini diadakan Jumat, 18 Maret 2011 di‚Taman Budaya YK mulai pukul 15.00-22.00 wib.

Ada 6 jenis acara yang akan diadakan pada‚#3Gmerapi ini yaitu

  • Pertunjukan seni rakyat
  • Lelang foto
  • Donasi
  • Lomba
  • Diskusi,dan
  • Nonton bareng

Jika pada tanggal itu temen-temen sedang di Jogja bisa menyempatkan hadir disana. Anda bisa ikut mendonasikan sebagian rejeki anda untuk korban merapi dan ikut berbagi cerita disana.

Yang menarik pada sesi diskusi yang bertema Posisi Media Sosial dalam Masyarakat Berdaya akan dipandu oleh Pakar IT Indonesia yaitu Onno W. Purbo. Narasumber yang akan hadir antara lain‚Donny BU (Koord Internet Sehat), @blontankpoer (blogger bengawan), @dandhy_laksono (sutradara film linimas(s)a), @harryvanyogya (sopir becak FB) dan @spangerapan (APJII). Andapun juga bisa mendapatkan hadiah dengan mengikuti lomba twitter dengan hashtag‚#3Gmerapi maupun artikel blog tentang resensi film dan hasil diskusi. Ikuti timelinenya.

Acara terakhir adalah‚pertunjukan Wayang “Kampung Sebelah”, pemutaran & diskusi film dokumenter @linimas(s)a Social Media-Social Movement. Film dokumenter @linimas(s)a adalah cerita nyata tentang pemanfaatan media sosial sebagai pendukung gerakan sosial di Indonesia. @jalinmerapi menjadi salah satu kisah yang didokumentasikan dalam film ini. Trailer filmnya bisa dilihat di‚http://bit.ly/ijIGXB.

Semoga kita bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan peran media sosial untuk masyarakat yang lebih maju.

13 thoughts on “Guyub Gugur Gunung Merapi #3Gmerapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: