Graduation + Anniversary

Kata pertama yang saya ucapakan adalah Alhamdulillah, Segala Puji Bagi Allah SWT atas rahmatnya saya diijinkan kembali untuk menyelesaikan studi dan mengikuti prosesi wisuda di kampus tercinta Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah dua tahun lamanya saya menimba ilmu kependidikan di jurusan Pendidikan Teknik Elektronika.

Kurang lebih selama 6 bulan saya bergelut dengan skripsi dan penelitian saya di lingkungan SMK Negeri 2 Wonosari akhirnya berbuah hasil. Sempat off juga sebulan lebih karena kesulitan juga mencari sumber yang tepat. Terima kasih banyak kepada bpk Muhammad Munir, M.Pd selaku pembimbing skripsi akhirnya SK ujian pendadaran skripsi acc tanggal 13 April 2011. Seminggu bergelut dengan revisi, setiap hari berusaha menemui penguji dan akhirnya beres juga. Terima kasih tim penguji bpkPramudi Utomo, M.Si. (sebagai penguji utama) dan bpk Djoko Santoso,M.Pd. (sebagai sekeretaris penguji) yang berkenan memberi nilai terbaik bagi saya.

Berkat persetujuan beliau semua saya bisa mengikuti prosesi Yudisium periode April tanggal 28 April 2011. Yudisium merupakan prosesi pelantikan pelantikan gelar kependidikan oleh Dekan Fakultas Teknik UNY yang saat ini dijabat oleh bpk Wardan Suyanto, Ed.D. Setelah Dekan FT UNY membacakan SK Yudisium maka mulai saat itu peserta yudisium sudah berhak menyandang gelar Ahli Madya dan Sarjana Pendidikan. Tanggung jawab baru yang harus diemban saya dan temen-temen sesama peserta yudisium. Status sudah berubah dari mahasiswa menjadi alumni. Yudidium periode April merupakan periode terakhir bagi mahasiswa yang ingin mengikuti wisuda periode bulan Mei yaitu 28 Mei 2011).Dikarenakan gedung yang digunakan untuk ‚wisuda (GOR UNY) pada tanggal tersebut dipergunakan untuk Kontes Robot Nasional, maka acara wisuda diundur sampai dengan 11 Juni 2011.

Sebelum dilaksanakan wisuda, sehari sebelumnya (jumat 10 Juni 2011) diadakan gladi bersih pelaksanaan wisuda. Hampir saja saya tidak bisa mengikuti acara tersebut karena ada job di kantor, namun akhirnya bisa dilimpahkan ke cabang semarang dulu. Disitu temen-temen wisudawan sefakultas mendapat undangan Pelepasan Wisuda (Pelwis) di lingkungan Fakultas Teknik UNY pada malam harinya. Karena boleh membawa pendamping, saya datang bareng cewek saya, lumayan ongkos makan malem kepangkas,hehe.. Acara Pelwis dilaksanakan di aula lantai 3 gedung KPLT FTUNY (gedung Dekanat FT). Cuku[ ramai juga karena peserta wisuda lebih dari 200 orang + pendampingnya. Disana seluruh jajaran pengurus dan staff lingkungan FT UNY secara resmi melepas seluruh wisudawan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dikampus. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan dan ucapan selamat dari masing-masing ketua jurusan. Terima kasih kepada bpk Masduki Zakariyah, M.T. (ketua jurusan Pendidikan Teknik Elektronika merangkap Pembimbing Akademik saya) atas bimbingan dan arahannya selama menjadi mahasiswa bapak.

Pelepasan Wisuda Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika UNY

Saya ucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati khususnya jurusan PT Elektronika, temen saya sekelas Didik Sri Utomo, Heri Listyawan, Ganggang Canggi Arnanto, Doni Rukmana Putra, Meki Marizal, Muslikhin, Suhirno, Gilang Firdaus, Saleh Ibrahim, Mukhtar Widiyanto, Purna Setyawan, dan seluruh adik tingkat. Selamat dan sukses atas studi kalian.

Keluarga dari rumah Wonogiri berangkat paginya, dari rumah jam 3 sampai jogja jam 5 dan langsung menuju kos untuk persiapan dan sarapan. Pengalaman lucu juga saat sampai di GOR UNY baru ‚teringat toganya ketinggalan, terima kasih banyak mas Soleh temen kos saya mau mengantarkan toga ke kampus. Akhirnya saya masuk GOR telat sekitar jam 8. Meskipun acara dimulai jam 9 tapi malu juga jalan ke depan karena kursi saya nomor 5 dari depan, harus melewati temen-temen yang duduk di belakang.

Wisuda hari itu sukses besar. Universitas Negeri Yogyakarta meluluskan 1.141 wisudawan dari 9 fakultas di lingkungan UNY. Namun yang sedikit kurang puas, pemidahan tali toga hanya dilakukan simbolis oleh Rektor UNY, bpk Rochmat Wahab,‚M.Pd, MA. kepada perwakilan wisudawan diikuti oleh masing-masing wisudawan.

Acara inti berikutnya adalah penyerahan ijasah oleh Rektor UNY kepada wisudawan cumlaude dilanjutkan oleh Dekan masing-masing fakultas kepada wisudawan lainnya.

Wisuda hanya sebagai permulaan, terbuka lebar tanggaung jawab yang harus saya emban di masyarakat untuk mengaplikasikan imu yang sudah saya dapatkan.

Kelulusan ini saya persembahkan kepada‚Bapak Ibu saya, ini wujud bakti dan cinta Ananda.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penyelesaian studi saya ini.

  1. Ayunda Ari Purnama, makasih untuk motivasinya dan kebersamaannya.
  2. Ganggang Canggi Arnanto, terimakasih atas tukar ilmunya.
  3. Reni Purwaningsih, kakak saya tercinta.
  4. Mbah Kakung yang mau menyempatkan diri mengantarkan saya ke wisuda, semoga sehat selalu.
  5. Pembimbing dan tim penguji, bpk Muhammad Munir, M.Pd. , bpk Pramudi Utomo, M.Si , dan bpk Joko Santoso, M.Pd. tanpa beliau semua saya tidak mampu menyelesaikan tugas akhir saya.
  6. Bpk Masduki Zakariyah, M.T. selaku ketua jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Dosen pembimbing akademik saya
  7. Kepala SMK N 2 Wonosari, Bpk Eka Triaryanto, S.Pd.T., bpk Edi Haeyono, S.Pd.T., Guru, dan Karyawan SMK N 2 Wonosari, terima kasih kerjasamanya.
  8. Temen-temen jurusan PT Elektronika, terima kasih untuk saling memotivasi.
  9. Temen-temen Komunitas Blogger Jogja dan temen-temen idBlogNetwork.

Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada temen-temen baik di jejaring Facebook dan Twitter yang memberi ucapan dan doa pada saya pada hari ulang tahun saya 18 Juni kemarin. Semoga doa temen-temen terkabul kembali ke yang mendoakan. Amien… Mohon maaf jika saya mempunyai banyak kesalahan.

Wisuda Dani Setiyawan

27 thoughts on “Graduation + Anniversary

  1. Pingback: Juli Ini - Blog Dani Setiyawan » Blogging | Motivasi | Teknologi | Informasi | Blog Dani Setiyawan » Blogging | Motivasi | Teknologi | Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: