Gang Gang : Dedikasi Karya Untuk Bulan

Kali ini saya menulis hal lain yaitu seni, lebih khusus lagi seni musik dan animasi. Saat ini memang sedang hangat-hangat dibicarakan tentang gerhana bulan total terlama yang pernah ada di dunia yang terjadi dini hari tadi. Gerhana terjadi sejak pukul 00.00 s.d 05.30 cukup menarik perhatian seluruh orang di dunia. Semalem saya juga ikut menyaksikan sampai puncak gerhana bulan total itu hingga bulan menjadi berwarna agak kemerahan.

Fenomena ini memang sangat langka, terjadi sekali dalam ratusan tahun. Rugi juga jika tidak menyaksikan barang sebentar. Sejak saya nongkrong di twitter semalem, banyak sekali yang ngetweet tentang tanda kebesaran Allah SWT ini.

Saat dilihat dari kota Bandung, progress gerhana bulan dari waktu ke waktu dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Gambar saya ambil dari HT diƒâ€š  Kaskus.

Gerhana Bulan Total Terlama di Dunia

Gerhana Bulan Total Terlama

Allaahu Akbar, memang sungguh besar kekuasaannya.

Karya untuk Bulan

Sebenarnya karya yang ingin saya share disini bukan untuk momen gerhana bulan dini hari tadi. Videonya diupload di Youtube tangal 24 juli 2010. Karya ini didedikasikan kepada bulan yang telah memberi inspirasi kepadanya untuk membuat sebuah karya yang sangat bagus, (menurut saya:-red).

Karya ini dalam bentuk animasi sketsa kuas dipadu dengan musik kontemporer Korea. Karya ini diberi nama Gang Gang : A Cycle of Four Sound Poems.

Gang Gang : A Cycle of Four Sound Poems merupakan audiovisual karya Ge-Suk Yeo. Beliau adalah seorang vokalis dan audiovisual artist di Korea.

Karyanya ini diinspirasi oleh tarian daerah setempat berupa tarian memutar yang mana orang berkumpul dan berkeliling dalam lingkaran meneriakkan “Gang-Gang-sul-le”. Bukan Awas ada Sule lho ya.. :mrgreen:

Ada animasi orang atau pinguin (kurang jelas soalnya) berjalan di bulan sabit kemudian terjun, ada juga ikan-ikan meloncat2 dilaut saat bulan purnama, pegunungan, burung-burung, pohon bergoyang, semua disajikan dalam bentuk sketsa putih berlatar hitam.

Musik yang mengiringi pun khas banget, namun agak sedikit horor gitu… Hanya bisa dihasilkan oleh insan yang mempunyai dedikasi musik tinggi.

Daripada penasaran silahkan lihat videonya dibawah ini dan silahkan dimaknai sendiri.

[youtube-white-label id=”0XHjCK-TnbA” height=”390″ width=”640″ autohide=”1″ autoplay=”0″ controls=”0″ branding=”1″ hd=”1″ rel=”0″ showinfo=”0″ thanks=”1″ autosize=”1″ border=”0″ cc=”0″ colorone=”” colortwo=”” disablekb=”1″ fullscreen=”1″ /]

Karya dengan tema lainnya bisa dilihat di profil cappuccinonet.

Informasi lengkap mengenai teknik-teknik dan aplikasi yang digunakan silahkan menuju webnya di Gang Gang – a cycle of four sound poems

42 comments

  1. Fajar Reply

    Weh blog mu tho dan? masih ingatkah dirimu padaku? kakak angkatan hihihi 😀 wah ga sempet liat sek totalnya dan, sempet lihat yang gerhana umbranya doank, itu aja di jalan.

    • dHaNy Post authorReply

      Iki mas bogem to… posisi dmn skrg? semalem aku cuma liat sampe puncak totalnya, habis itu gak keluar lagi…

      • Fajar Reply

        Anda benar hehehehehe…. posisi masih di jogja saja, menyelesaikan kuliah di univ baru saja. Lha sampeyan dimana? meh berguru ngeblog ki aku

        • dHaNy Post authorReply

          Q neng nogotirto ki los spbu, wingi apri yo bar dolan mrene…
          Ajar bareng wae… mastere si ardian kare, wis rabi gak enak meh dolan2 mbeguru 😀

          • Fajar

            Sek-sek nogotirto? daerah sek ga asing dan pernah mendengarnya, ngendi kui? ho.o e kae jan master tenan search nang google njedal njedul wae xixixixixixi

          • dHaNy Post author

            spbu jln godean mlebu ngalor sithik… iyo njaluk ajar neng bocahe,,

          • Fajar

            Woalah, berarti kemaren ki apri tak sms lagi di jalan gdean ki lagi di tempat sampean tho

          • dHaNy Post author

            Iyo wingi neng kene teko bengi…. nyobo ndandani pc ra dadi…

  2. tomi Reply

    semalam saya tepar mas..
    wahh tp jadi tauu gambar gerhana bulannya.

    memang luar biasa 🙂

    • dHaNy Post authorReply

      Gambarnya doank mas? hehe…. semalem pas lembur jadi sekalian nunggu pe jam 3 an…

  3. Semua Ada Reply

    semalam saya juga liat langsung sama liat streaming live di youtube mas, bagus , haha
    mas link yg dipasang salah mas, harusnya semua-ada.com, terima kasih mas

    • dHaNy Post authorReply

      Okey sudah saya edit mas.. Maaf…
      Saya semalem liat streaming jg tapi yg versi LPMI Assalam solo dan bandung….

  4. andre Reply

    semalam saya nonton mas, cuma habis tu langsung tidur lagi. cuma sekedar pengen tau aja 😀

    • dHaNy Post authorReply

      Saya juga keluar cuma liat sebentar bis itu masuk lagi, nglembur kerjaan, bentar lagi keluar lagi… kira2 6x pe puncak gerhana totalnya… bis itu tepar.. 😀

  5. Alwi Reply

    Sayang banget saya kelupaan tuk menyaksikannya secara langsung, malah keasyikan nonton bola terus ketiduran heee …. akhirnya hanya bisa mengabadikannya hasil dari Google Doodle dalam bentuk animasi Lunar Eclipse

    • dHaNy Post authorReply

      wah sayang banget tuh mas… Lama banget gak liat gerhana bulan… Ini bener2 bagus gerhana totalnya lumayan lama…
      tinggal nunggu aja paling ada infotainment yang lebay beritain tuh gerhana. hehe

  6. Putra Perdhana Reply

    Tadi malem lihat Bulan sebentar, eh ketiduran untuk ngeliat versi gerhana penuhnya… 🙂

      • Putra Perdhana Reply

        Xixixi.. maksudnya jam 1an ngeliat sebentar… trus tidur di kamar, berharap jam 3-4 bangun untuk ngeliat versi gerhana penuhnya… eh kebablasan… 🙂

        Btw salam kenal yach… blognya simple and nyaman… 🙂

        • dHaNy Post authorReply

          Salam kenal juga mas Putra… livestreaming nya semalem udah bnyak yg upload di youtube kok…

  7. lutfi Reply

    Bulannya keren ya? Sayang ga sempat nonton karena ada acara seharian trus pengen tidur cepet-cepet. Salam kenal

  8. adin Reply

    kemaren sempet liat, terus ikut shalat gerhana di mesjid, pas shalatnya selesai bulannya juga pas meh full ketutup, udah merah2, tapi g tak lanjut liatnya, balik tidur lagi lha wong besoknya kerja 😀

    • dHaNy Reply

      Tapi bisa dilihat videonya di youtube kan mas? Kemaren saya nemu berita dari India bagus banget dibikin cepet jadi bisa tau progress gerhananya…

  9. Zippy Reply

    Sayang, kemarin saya gak sempat lihat 🙁
    Padahal jam segitu saya masih belum tidur, cuma gak tau kalo ada gerhana bulan 😀
    Aih..telat info saya 😆

    • dHaNy Post authorReply

      Papua gerhana total masih bisa liat mas tp mungkin udah jam 5 pagi waktu setempat… proses membukanya gak bisa liat soalnya trlanjur pagi… tenang masih ada videonya di youtube…

      • Zippy Reply

        Lha saya keluar rumahnya jam stengah 5 kok mas.
        Dan diluar udah gak nampak lagi bulannya 😀
        Udah coba saya lihat kesana-kemari, eh..bulannya udah ngibrit 😆

  10. Agus Siswoyo Reply

    Saya malah sudah keburu tidur sejak sore. Nggak sempat lihat gerhana bulan. Hehehe.

    • dHaNy Post authorReply

      Itu di akhir tulisan saya kasih tautan ke webnya mas, disana dijelaskan komplit..
      Teknik animasinya saya kutip seperti dibawah ini

      calligraphies: paint-brush and ink on Korean paper
      original size: 21.0 x 29.7
      digitalized and animated with Adobe Photoshop, Adobe
      After Effects and Adobe Premiere

    • dHaNy Post authorReply

      Wah sayang mas, gerhana bulan terlama… bisa diliat pe pagi… hehe mataku jg gak kuat jam3 udah tepar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *