Facebook Tidak Gratis Lagi

Bagaimana respon Anda jika mendengar “Facebook Tidak Gratis Lagi”?? Anda tentu akan kaget dan langsung menolaknya bukan? Saya pun juga kaget setelah membaca berita yang diposting oleh Inilah.Com dengan title “Facebookan Mulai Juli Tidak Gratis Lagi“. Disana dijelaskan Facebook berencana akan menarik bayaran pada penggunanya sebesar US$14,99 (Rp 140 ribu) per bulan. Penarikan biaya ini direncanakan akan mulai dilakukan Juli 2010 ini.

Hal ini dimungkinkan terjadi karena mengingat popularitas Facebook yang terus meroket dan telah menggeser Friendster sebagai situs jejaring sosial terbesar di jagad ini. Kemungkinan owner dari Facebook ini, Mark Zuckerberg telah mendapat banyak tawaran dari orang-orang yang ingin membeli facebook yang mungkin ingin menjadikan Facebook sebagai situs berbayar.
Bagaimana reaksi Anda? Histeris kah? Berteriak kah? Demo besar-besaran kah? Frustasi kah? hehe lebay..
Berbagai macam reaksi muncul dari berbagai pengguna facebook (Facebookers). Salah satu yang disebutkan di Inilah.Com yaitu sebuah grup di facebook bernama “Kami tidak akan membayar untuk menggunakan Facebook – kami keluar jika hal ini terjadi”, grup ini telah menjaring lebih dari 140.000 anggota dan akan menargetkan untuk terus menambah anggotanya sampai 300.00 anggota.
Ada sebuah kelompok manifesto yang mengatakan, “Mari kita terus bersama-sama dan biarkan mereka tahu bahwa kita akan meninggalkan Facebook jika mereka memutuskan untuk menarik bayaran,” Bagaimana dengan Anda?
Saat ini ada sekitar 254 Grup yang intinya bernama “Kami tidak akan membayar untuk menggunakan Facebook – kami keluar jika hal ini terjadi”, dan yang paling banyak adalah grup bernama

“We Will Not Pay To Use Facebook. We Are Gone If This Happens ƒยขขโ‚ฌโ€œบƒยขขโ‚ฌโ€œบ INVITE ALL!”

Grup ini sekarang telah menjaring 40.630 anggota dan akan terus bertambah. Pernyataan group tersebut adalah “Ini adalah sebuah petisi untuk menghentikan Facebook dari biaya US$ 14,99 per bulan mulai bulan Juli 2010 ƒยขขโ€šยฌ…โ€œ. “Mari kita terus bersama-sama dan biarkan mereka tahu bahwa kita akan meninggalkan Facebook jika mereka memutuskan untuk menarik bayaran,”
Bagaimana tanggapan dari Facebook sendiri?

Facebook sendiri menyangkal keras klaim itu (Alhamdulillah wajib terlontar oleh FACEBOOKER). Seorang juru bicara perusahaan mengatakan: “Kami tidak punya rencana untuk menarik bayaran pada pengguna Facebook untuk layanan dasar. Facebook adalah layanan gratis bagi 350 juta pengguna. “Rumor tentang Facebook tak gratis lagi itu tampaknya datang dari email hoax yang beredar di situs

MEMANG SANGAT SULIT MEMBUAT SITUS JEJARING SOSIAL MENJADI SITUS YANG BERBAYAR, ITU DISEBABKAN MENJAMURNYA JEJARING SOSIAL LAIN YANG TERUS MENAMPAKKAN TARINGNYA SEMISAL PLURK, TWITTER, DAN FRIENDSTER JUGA YANG MULAI BANGKIT, SUATU KENISCAYAAN JIKA FACEBOOK AKAN DITINGGAL OLEH PENGGEMARNYA JIKA LAYANAN TIDAK GRATIS LAGI.


Sumber : Alepati

59 thoughts on “Facebook Tidak Gratis Lagi

  1. Nah ini baru sippppp…. bisa koment dg Name dan URL, soalnya kita pake wordpress akan sangat berarti untuk PR setiap komentar bisa memasukkan URL blog …..

  2. Kedua saya juga sangat tidak setuju kalau pake FB disuruh bayar … jangan mentang2 lagi tenar mo mungut biaya segala, saya yakin kalau FB pake bayar kemungkinan akan rontok popularitasnya mungkin bisa diandaikan juga coba bayangkan kalau blog wordpress dan blogspot tiba2 penggunanya disuruh bayar kecuali yg self hosting yaaa…. kemungkinan juga akan menurun drastis pemakainya. akhirnya kaaan mereka sendiri yg rugi

  3. @Alwi & Darin : Betul mas semoga itu semua cuma rumor. Klopun terjadi kita pasti juga bisa punya situs jejaring sosial sendiri milik anak negeri..

  4. Untung saya jarang log in di sono. Kalau harus bayar saya yang nomor satu mengundurkan diri he he he. Bukan gak mau bayar, tapi dasar sy gak begitu enjoy di sana.

  5. @Adin : Iya sekarang sudah banyak situs jejaring sosial yg mulai tumbuh, saya sering gunain twitter ma plurk..

    @ Musrsyid : Saya juga ikut, hehe.. tapi facebook juga bisa membantu bagi pebisnis untuk menarik calon pelanggannya..

  6. Give U smile Friend…ngomong2 klo bayar???siape yang mau pake pesbuk lagi….tentu anak sekolah ogah2an untuk membayar…bayar listrik aja nunggak…wwwkwkwkkwk
    Aceh Barat

  7. rasanya itu ga bener….ada beberapa sumber yang buat hoax itu….

    mungkin ada jg yg mendiskusikannya dengan bukti tampilan facebook yg baru,yakni adanya menu untuk membeli "Facebook Credits"….kan di sana ada penjelasan…kl "Facebook Credits" itu "can be used towards buying virtual gifts or in select games". So itu maksudnya kan buat beli barang2 game….bukan buat bayar facebooknya….

    aku sih ga tergantung bgt ama fb…cuma buat iseng2 main gamenya…. ini cuma sekadar tuker pikiran aja…

  8. Saya juga setuju tu sob.. klo facebook bakal berbayar dah pasti langsung ditinggalkan penggunanya, pemasang iklan otomatis juga akan meninggalkannya…

  9. ahh…paling cuma isu itu bro..
    biar tambah populergitu kali ya…
    lagian mereka kan juga mikir kalo tiba-tiba berbayar ya ditinggal sama peminatnya

  10. wah… rumor lagi tu…setelah bbrapa waktu yg lalu ada rumor fb bakal ditutup..
    tapi kalo saya sih g berpengaruh…masih banyak tempat buat sharing/berteman…
    hehe.. nek beneran ditarik, tinggal cabut aj dari FB ke twitter atw G+..

        • Belum saya tes mas untuk permalink year and month, kayaknya memang akan terjadi duplikat konten. Tapi ada setting untuk tidak merubah tanggal publishnya, cuma belum ngecek nanti linknya berubah apa gak..

  11. Mungkin lebih baik kalau alternatif pengganti facebook adalah semua orang membuat Blog ๐Ÿ˜€ dengan Blog pun bisa curhat dan bisa berteman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: