Dukung Anti SOPA dan PIPA dengan SOPA Blackout Plugin

Sudah tau belum kalau situs besar yang bermarkas di Amerika Serikat seperti Wikipedia, WordPress dan kawan-kawannya per hari ini 18 Januari 2012 melakukan aksi Blackout selama 12 jam sebagai aksi protes terhadap SOPA dan PIPA?

SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) merupakan rancangan Undang-Undang pemerintah Amerika Serikat di Gedung Putih yang berisi tentang aturan terhadap pembajakan di ranah online. Situs-situs yang memiliki konten pelanggaran hak cipta akan terancam sanksi dari pemerintah. Yang namanya jejaring sosial atau web besar pasti yang memiliki banyak pengguna pasti hampir sebagian besar kontennya adalah user generated konten bukan?

Jika Anda ingin ikut berpartisipasi mendukung aksi ANTI SOPA & PIPA, yang menggunakan wordpress self hosting bisa memasang SOPA Blackout Plugin.

Dukung Anti SOPA dan PIPA dengan SOPA Blackout Plugin
Dukung Anti SOPA dan PIPA dengan SOPA Blackout Plugin

Setelah pluginƒâ€š SOPA Blackoutƒâ€š diaktifkan, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman seperti gambar diatas. Namun ini bukan berarti blog mati suri hanya dengan tampilan tersebut. Pengunjung dapat membuka versi asli blog dengan klik text Continue to Site yang berda di samping gambar gedung putih. Setelah berhasil masuk ke halaman aslinya, maka seterusnya tampilan SOPA Blackout tidak akan muncul lagi. Cukup satu klik saja untuk menonaktifkannya.

Ada yang ingin ikutan blackout blognya?

Contoh demo plugin bisa di cek di blog mas Tomi Purba di tomipurba.com.

19 comments

  1. danyf5habibi Reply

    Ternyata wordpress-pun juga ikut serta dalam protes peniadaan SOPA dan PIPA ini.
    Dengan ditambahkannya plugin “SOPA BLACKOUT”, wah ternyata banyak yang mengecam SOPA dan PIPA ini. 😀

      • Hanif Reply

        sopa dan pipa udah resmi di batalkan kayaknya, walau masih perlu penggodokan lagi, soalnya, wikipedia bisa diakses tapi megaupload jadi shutdown. hehe.

        • dHaNy Post authorReply

          Wikipedia cuma blackout 12 saja mas Hanif, sekarang sudah normal kembali bukan? Wah malah shutdown berapa lama nih megaupload? atau selamanya?hehe…

          • dHaNy Post author

            hehe iya juga sih mas.. bisa2 lgsg diberi sanksi berat lgsg gulung tikar, mending shutdown dulu sebelum ada sanksi.. 😀

  2. Leo Ari Wibowo Reply

    Saya sudah pasang pita Anti SOPA sejak tadi. Sebagai pemilik blog dengan domain .us merasa harus ikut serta walaupun bukan orang AS. Karena bagaimanapun kalau RUU ini lolos, situs/blog yang ada sekarang ini akan banyak dirugikan (bahkan meskipun tidak melanggar hak cipta).

    Oh ya, gosipnya SOPA/PIPA ini adalah RUU hasil lobi orang-orang Hollywood yang merasa dirugikan dengan banyaknya film yang beredar di internet.

    • dHaNy Post authorReply

      Wah saya baru tau ini mas kalau itu hasil lobian orang Hollywood, padahal kan malah dibantu promosinya ya… ya itulah manusia, maunya menang sendiri…

  3. JhezeR Reply

    kayaknya bnyk yg menolak dibanding setuju ama SOPA dan PIPA, jgn sampai ada deh, nanti efeknya jg kerasa di indonesia

    • dHaNy Post authorReply

      Iya mas tetep itu nanti efeknya mengglobal kalau sampai RUU itu disahkan… Blogger2 turut kena imbas kalau ada konten2 yg mengarah ke copyright…

  4. Ipras Reply

    Dari kemunculan SOPA sama PIPA ini sebenarnya ada peristiwa yang sebenarnya tragis tapi juga bisa dianggap kasihan, karena katanya sih Godaddy sebenarnya menyetujui dari kemunculan RUU ini, tapi karena hal tersebut jadinya Godaddy sempat kehilangan sampai lebih dari 21.000 domain karena pemilik domain memutuskan untuk pindah, beberapa waktu lalu 🙂

    • dHaNy Post authorReply

      huwahaa… Kapok tuh Godaddy, sok2an mbela SOPA akhirnya pelanggannya pada kabur kan? Salah ndiri gak mikir belakangnya gimana, otomatis semua pada takut kena sanksi lah… Moga aja gak sampai disahkan itu RUU..
      Maksih mas Ipras untuk tambahannya…

  5. eko susilo Reply

    Gerakan apapun yang bisa merugikan lebih banyak pengguna dari pada kepentingan bisnis segelintir orang harus didukung. Semoga org2 yg akan mengambil putusan dan ketuk palu di us sono bisa mempertibangkan kerugian yg bisa lebih besar dr para pengguana internet dijagad raya ini 🙂

    • dHaNy Post authorReply

      Pasti mas Eko, harus segera ditolak tuh rancangan UU.. bisa2 kita2 juga ikutan kena imbasnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *