Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook Ke Page Aplikasi Baru

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook

Panjang banget judulnya, semoga langsung dipahami apa yang saya maksudkan. Apalagi bagi temen-temen yang suka develop aplikasi di facebook pasti langsung tanggap. Sebelum tanggal 1 Februari 2012, setiap Anda membuka halaman profil aplikasi buatan Anda, maka akan ada notifikasi aka warning yang berisi sebagai berikut :

Removing App Profile Pages

By February 1, 2012, we are removing App Profile Pages. You can migrate Likes and the Vanity URL of this Page to an existing Facebook Page with the same name and of Product/App category.

Click here to migrate to an existing Facebook Page

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook Ke Page Aplikasi Baru

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook

NB : Tidak berlaku untuk halaman page biasa.

Intinya mulai 1 Februari 2012, seluruh halaman profil aplikasi akan di refresh masuk dalam subkategori pages / halaman. Sehingga halaman tersebut menjadi halaman yang baru yang tidak ada wallpost, like, dan bisa jadi tak ada profpict nya. Mengenaskan bukan?

Jika Anda tidak ingin kehilangan seluruh penggemar yang sudah like aplikasi tersebut, Anda diharuskan melakukan migrasi ke page aplikasi yang baru. Bagaimana jika jumlah like aplikasi Anda sudah tembus ratusan ribu dan hilang begitu saja, lebay kan. 😀 Ini berkaitan dengan beberapa upaya yang dilakukan oleh facebook untuk lebih mengorganisir facebook agar lebih termonitor dengan baik.

Coba Anda lihat halaman pembuatan page baru di‚http://www.facebook.com/pages/create.php.

Disana sudah diplot dengan jelas akan jenis halaman apa yang akan dibuat. Pages dibuat menjadi 6 jenis, yaitu

  1. Local Business or Place
  2. Company, Organization or Institution
  3. Brand or Product
  4. Artist, Band or Public Figure
  5. Entertainment
  6. Cause or Community

Nah halaman aplikasi yang sebelumnya beridiri sendiri kini berada di dalam kategori nomer 3 yaitu Brand or Product di dalam otoritas pages.

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook Ke Page Aplikasi Baru

1. Buat Halaman Baru

Karena akan dimigrasi maka kita membutuhkan page aplikasi baru. Masuk ke‚http://www.facebook.com/pages/create.php‚Lalu pilih Brand or Product. Pada pilihan‚Choose a category, pilihlah App. Di bawah App isikan nama aplikasi kemudian klik Get Started.

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook

Brand or Product Pages on Facebook

Catatan penting :
Pada Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook ini, saat memberikan nama buatlah nama aplikasi yang sama persis dengan nama aplikasi yang akan dimigrasi. Facebook tidak menerima nama yang mengandung karakter simbol seperti BlackBerry‚ Bold¢€ž‚yang menggunakan simbol‚‚ dan¢€ž. Jika aplikasi Anda menggunakan nama dengan karakter-karakter seperti itu, lebih amannya ubah dulu namanya baru membuat page baru ini.

2. Lengkapi Data Pendukung Halaman Aplikasi

Setelah klik tombol Get Started, maka Anda diminta mengisi data-data pendukung dalam 3 step yaitu‚Profile Photo,‚Get Fans dan‚Basic Info.‚Silahkan upload profil photo, website, about, dll. Anda bisa mengabaikan beberapa dengan memilih skip karena bisa dilakukan di belakang juga . Pada step ini Anda sudah berhasil membuat page aplikasi baru yang siap menerima migrasi.

3. Migrate

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook step berikutnya adalah‚Masuk kembali ke halaman profil aplikasi lama kemudian klik link‚Click here to migrate to an existing Facebook Page. Jika Anda membuat page aplikasi baru dengan benar maka akan muncul tampilan App Profile Page Migration seperti screenshoot di bawah ini.

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook Ke Page Aplikasi Baru

Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook Ke Page Aplikasi Baru

Pada Choose of Page pilih aplikasinya dan Migrate.

Maka akan muncul pemberitahuan App Profile Page Migration‚lagi‚seperti berikut :

Your App Profile Page has been migrated

Please be patient and allow up to 7 days for the Like migration to take place. This process is not linear and it may take several hours before you see any changes.

Sampai step ini Anda sudah berhasil melakukan migrasi ke page aplikasi baru, namun Anda disuruh menunggu proses migrasi Like ke halaman yang baru. Butuh waktu kurang lebih 7 hari. Silahkan cek setiap saat dengan refresh halaman profil aplikasi baru tadi, pasti akan selalu bertambah jumlah like-nya.

Cekidot Video Tutornya

Tanggal 1 Februari 2012 tinggal 12 hari lagi teman. Ayo pada migrasi sebelum kehilangan jumlah penggemar aplikasi Anda. Salam MAKSIMALLL!!!

Semoga Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

8 thoughts on “Cara Migrasi Penggemar Aplikasi Facebook Ke Page Aplikasi Baru

    • Bukan mas kalau itu kan page biasa mas, yang membedakan ada tombol Go to App di pojok kanan atas…
      Slain halaman aplikasi aman kok…
      Coba cek jumlah like di easy mashable social blog ini, tiap direfresh pasti nambah. Masih dlm proses migrasi…

  1. G bsa gan itu mah mah fp biasa pas di cba ternyata g ad tlsn “ke aplikasi” pas ngtk jdl aplikasi nya tdk sprti yg di share di blog ini

  2. wah, aku masih bingung mas, soalnya aku pernah bikin aplikasi dan pernah juga bikin fans page, cuma aku jadi bingung menjadikanya jadi satu.

    maksudnya app yang pernah aku bikin bisa migrasi ke fans page aku, meskipun nanti url app kita ttp lain tp ada tombol yg mengarah ke url app dari fanspage kita gitu lho

    • Iya stelah timeline merambah fanpage n page app masuk ke page semua jadi runyam.
      Solusi bwt mbak Anna, arahin app ke tab di fanpage. Teknisnya bs digoogling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: