Cara Meningkatkan Kunjungan Blog

Cara Meningkatkan Kunjungan Blog

Mempunyai blog bertraffic tinggi atau pageview tinggi tentu idaman bagi seorang blogger. Banyak sekali blog-blog yang mengupas tentang teknik, tips serta cara meningkatkan traffic blog ini melalui berbagai metode, baik yang whitehat maupun yang blackhat.

Metode yang biasa digunakan untuk meningkatkaan traffic yaitu dengan teknik SEO (Search engine optimization). Kali ini saya akan membahas cara meningkatkan kunjungan blog dengan teknik tweet pada twitter. Maksudnya, akun twitter kita akan otomatis update tweet berupa posting-posting lama pada blog kita.

Cara Meningkatkan Kunjungan Blog dengan Plugin Tweet Old Post

Cara yang digunakan pada teknik ini hanya bisa digunakan pada blog bermesin WordPress.org karena menggunakan plugin. Plugin tersebut bernama Tweet Old Post.

Silahkan download dan instal plugin‚Tweet Old Post di direktori plugin dasbor blog Anda. Jika sudah selesai instal, silahkan masuk ke pengaturan plugin tweet old post.

Pengaturan Plugin Tweet Old Post

Cara Meningkatkan Kunjungan Blog

Cara Meningkatkan Kunjungan Blog

Gambar diatas adalah tampilan halaman pengaturan plugin Tweet Old Post. Langkah pertama silahkan login twitter melalui tombol hijau Sign in with twitter.

Kita bisa menambah kata tertentu pada setiap tweet baik pada awal maupun akhir tweet dengan memberikan kata pada isian Additional text.

Periode update tweet bisa diatur berapa jam sekali, pengaturannya pada‚

Info terbaru sesuai dengan laporan dari mas Jaka pada kolom komentar, bahwa terdapat bugs dalam plugin Tweet Old Post ini. Sesuai dengan tulisannya mas Lutvi Avandi pada tulisan‚SQL Injection pada plugin Tweet Old Post‚menerangkan ada solusi untuk menutup celah tersebut.

Caranya buka file‚top-excludepost.php, kemudian cari kode dibawah ini :


Jika sudah ketemu, ganti kode diatas dengan kode dibawah ini :


Namun hal tersebut sudah diperbaiki oleh pengembang plugin Tweet Old Post menjadi versi terbaru sehingga tidak perlu khawatir lagi tentang celah tersebut. Sehingga cara meningkatkan kunjungan blog dengan teknik ini bisa dipakai lagi.

Semoga tips singkat‚Cara Meningkatkan Kunjungan Blog ini dapat menambah wawasan ngeblog kita.

39 thoughts on “Cara Meningkatkan Kunjungan Blog

  1. Kalau tulisan sudah mencapai ribuan, mungkin tidak masalah dengan tweet satu judul ulang setiap hari. Tapi kalau masih ratusan, rasanya malah dikira nyepam nanti.

    • Benar begitu mas Cahya, nanti malah dikira spam. Tapi ada pengaturan update setiap berapa jam gitu kok mas… Agar keliatan tidak terlalu banyak mungkin bisa diset setiap 4 atau 6 jam, jadi sehari hanya ada update 4 atau 6 tweet saja…

  2. Wah nanti kalau sudah agak selo mau coba plugin ini ah, sepertinya cukup efektif mas buat promo di tweet tanpa merepotkan… makasih infonya ya 😀

  3. sorry OOT lagi. satu lagi yang wajib mas dani perhatiin. 1. efek dari komen yang kepanjangan membuat kolom komen ga enak dipandang (spt komen ane yang kmarin. klo bisa tlg kolom komen na diedit sehingga enak dipandang mata.
    klo komen na sedikit ga masalah gan. spt, thanks gan ga berdampak apa2 dalam blog ini.
    2. quote reply ga ada. visitor harus mereply na melalui kolom komen yang paling bawah. tentu cara spt ini menyusahkan visitor. klo bisa tlg buatin quote reply.
    ne hanya saran saja loh + pendapat saya saja.

    • Terima kasih mas Ibnu, akan coba saya jawab.

      1. Kesalahan bukan terletak pada file comment. Namun mutlak karena penggunaan tag pre yang masih saya gunakan pada kode kedua kemarin. Jadi panjang kolom komentar mengikuti panjang kode tersebut, akibatnya juga berimbas pada sidebar blog ini (khusus posting ini) berada dibawah kolom komentar. Jika dibuka posting lain, tidak ada sama sekali kerusakan di kolom komentar maupun sidebar. Tapi sudah saya perbaiki tag pre-nya tanpa harus mengubah file comment.

      2. Theme blog ini sudah nested comment cuma mungkin warna tombol replynya kurang terlihat jelas di pandangan mas Ibnu.

      Jadi kesimpulan saya mungkin mas Ibnu baru di blog ini dan baru buka posting ini dan langsung judge ttg theme blog ini.

      Terima kasih untuk masukannya mas Ibnu, ini sangat membantu membangun blog ini lebih baik lagi.

    • Kalau untuk Joomla saya belum begitu paham mas… mohon maaf ya sebelumnya mas Benny, lain waktu jika saya sudah mengetahuinya bisa langsung saya share kan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: