Cara Menampilkan Kode HTML pada Posting Blog

Salam blogger untuk rekan-rekan semua, apa kabar? Kali ini saya akan membahas Cara Menampilkan Kode HTML pada Posting Blog. Alasan saya membahas judul ini karena untuk posting-posting saya tentang tips-tips blogging yang berhubungan dengan kode HTML sudah pasti akan menampilkan kode tersebut pada halaman posting. Dan untuk blogger ini jika menuliskan secara langsung kode HTMLnya maka langsung mengeksekusi kode tersebut, misalkan kode src maka akan langsung menampilkan gambarnya, bukan kode-kode HTML kita inginkan.

Apakah rekan-rekan mengalami kesulitan untuk ini? Jika iya akan coba saya jelaskan caranya. Setelah googling sebentar saya menemukan cara untuk menampilkan kode html tersebut setelah membaca artikel dari Hakimtea. Untuk menampilkan kode html ke dalam posting blog ini, kita harus meng-encode kode tersebut. Sebagai contoh untuk menampilkan kode link HTML sederhana berikut ini pada postingan :

<a href=’http://danisetiyawan.blogspot.com’>Blog Motivasi | Dani Setiyawan</a>

Maka kode di atas harus kita PARSE terlebih dahulu dan yang harus kita tulis sebelum dipublish (pada Edit HTML/HTML bukan Visual/Compose) sebagai berikut,
&lt;a href=’http://danisetiyawan.blogspot.com’&gt;Blog Motivasi | Dani Setiyawan&lt;/a&gt;
Kode di atas adalah kode HTML link yang sudah diPARSE agar bisa tampil pada postingan kita. Tapi tenang temen-temen semua, bagi kita yang newbie ini kita sudah disediakan web yang menyediakan jasa encode-decode, quick escape, parse HTML, escape HTML atau apalah namanya itu yang jelas untuk memparse kode HTML agar dapat tampil pada postingan blog. Ada 3 web yang direkomendasikan yaitu :
Centricle.com
Kita bisa menggunakan jasa centricle untuk memparse html dan aturannya pun cukup sederhana hanya mengcopy-paste kode html yang akan di parse pada kotak yang telah disediakan kemudian klik ENCODE, maka tampilah kode HTML yang telah diparse dan siap dicopas untuk tampil pada postingan blog Anda. Atau klik DECODE untuk mengembalikan pada kode semua. Berikut screenshotnya‚ :
Blogcrowds.com
Aturannya sama dengan centricle Anda cukup mempaste kode HTML pada kotak yang disediakan kemudian klik PARSE. Jika ingin lebih jelas disamping kanannya terdapat instruksi penjelasan tentang cara penggunaan tool satu itu. Berikut screenshotnya :
Accessify.com
Demikian pula dengan accessify yang menyediakan jasa layanan Parse HTML dan menamakannya Quick Escape. Setelah kode HTML di paste pada kotak tersedia klik Convert to Escape characters. Berikut screenshootnya :
Okelah kalo begitu.. Sekarang tinggal saatnya kita manfaatkan tiga web penyedia jasa encode-decode, quick escape, parse HTML, escape HTML dan lain-lain ini. Semoga bermanfaat untuk posting-posting kita selanjutnya.

15 thoughts on “Cara Menampilkan Kode HTML pada Posting Blog

  1. Hampir semua postingan diblogku selalu menampilkan kode html / script
    terus terang infonya sangat aku butuhkan sekali ni sob, terima kasih banyak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: