Cara Menambahkan Tweet di Post Blog WordPress

Kita sudah sering menemui embed video youtube maupun embed mp3 ke dalam blog post maupun di sidebar. Anda seorang tweeps mania? Bagaimana dengan twitter? Kita juga bisa menambahkan tweet atau embed tweet ke dalam post blog kita.Untuk engine wordpress self host kita bisa menggunakan plugin Twitter Blackbird Pie. Contohnya seperti dibawah ini.

[blackbirdpie id=”48416569289748480″]

Bandingkan tampilan diatas dengan hasil screenshoot dalam bentuk image. Lebih menarik tampilan diatas bukan? Tampilan ini mirip halaman mini profil twitter kita. Background yang digunakan juga sama persis dengan yang kita pakai sebagai background twitter yang kita custom.

Untuk menampilkan embed tweet tersebut sangat simpel dan mudah. Anda cukup menginstal pluginƒβ€š Twitter Blackbird Pie, jika plugin sudah aktif maka pada wordpress admin bagian add new post terdapat tambahan toolbar berupa gambar burung hitam (blackbird).

Cara menambahkan tweet embed tweet ke post blog wordpress

Cara menambahkan tweet embed tweet ke post blog wordpress

Anda tinggal klik toolbar tersebut saat ingin menambahkan tweet. Akan muncul windows untuk insert url tweet, id akun twitter dan username twitter. Akan lebih mudah jika kita memilih username twitter. Dengan memasukkan username twitter kita dan klik search, maka akan muncul tweet-tweet terakhir kita. Kita tinggal klik tweet yang akan ditampilkan dan langsung terconvert menjadi shortcode.

Cara menambahkan tweet embed tweet ke post blog wordpress 02

Cara menambahkan tweet embed tweet ke post blog wordpress 02

Cara menambahkan tweet embed tweet ke post blog wordpress 03

Cara menambahkan tweet embed tweet ke post blog wordpress 03

Contoh shortcode untuk tampilan diatas yaitu :

[ blackbirdpie id="48416569289748480" ] ==> tanpa spasi di pembuka dan penutup shortcode

Mudah sekali bukan? Pengguna wp.com sudah bisa menggunakannya karena pihak wordpress sudah memodifikasinya. Untuk kita yang memakai wordpress self host bisa memanfaatkan plugin Twitter Blackbird Pie ini.

[blackbirdpie id=”47277779082940416″]

Semoga blogging lebih menyenangkan

36 thoughts on “Cara Menambahkan Tweet di Post Blog WordPress

  1. dl saya jg pernah membuat timeline tweet di blog tanpa plugin mas.. tp tak copot.. saya malas orang tau banyak mengenai saya.. apalagi tweet saya kadang isinya humor saru πŸ˜€

  2. saya jarang twitteran. kalo masang fan page facebook gmana cara nya mas? tau ga? soalnya saya gagal kenaren, sepertinya gara2 theme nya bermasalah

    • Itu di posting masbro… Itu plugin sudah saya cabut jadi seharusnya muncul di shortcode [blackbirdpie id=”48416569289748480″] itu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: