Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly

Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly

Tidak ada ukuran baku dalam hal kesuksesan sebuah blog, semua kembali ke tujuan awal ngeblog. Ada yang mengejar sisi desain, ada yang mengejar traffik/ jumlah kunjungan, ada yang mengejar konversi penjualan, dsb. Tapi pada umumnya ukuran kesuksesan sebuah blog adalah traffik dan konversinya menjadi pundi-pundi uang.

Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly

Untuk mendapatkan trafik yang tinggi, sebuah blog haruslah mudah dikenal, baik dikenal dari ingatan pengunjung (sisi konten dan desain), atau dikenal oleh mesin pencari. Blog yang telah kenal akrab dengan mesin pencari, mereka akan ditampilkan di urutan terdepan. Semakin banyak kata kunci yang dikuasai di halaman depan mesin pencari, tentu peluang melimpahnya kunjungan sangat terbuka lebar.

Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly

Syarat mutlak agar dikenal mesin pencari seperti Google, Yahoo&Bing maka sebuah blog haruslah menjadi bagian dari webmaster mereka.

Google Webmaster :ƒβ€š https://www.google.com/webmasters/tools/

Bing Webmaster :ƒβ€š http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url

Submitlah peta situsmu / sitemap mu yang berekstensi xml (ex: domain.com/sitemap.xml). Hal ini bertujuan memancing perayap-perayap / bot search engine mendeteksi update terbaru di blog kita. Semakin sering bot search engine merayapi blog kita, maka semakin mudah pula blog kita menguasai hasil pencariannya.

Gunakan Permalink postname

Setelah submit sitemap ke webmaster, point penting lain adalah merubah setting permalink menjadi postname (ex. http://danisetiyawan.com/cara-membuat-blog-wordpress-seo-friendly). Hal ini bertujuan agar keyword yang ingin ditargetkan lebih mengena daripada menggunakan permalink berbasis category dan permalink lain.

Kata Kunci di Title Tag

Kesalahan yang umum terjadi dalam membuat blog wordpress SEO friendly adalah penggunaan title tag yang cenderung sama di setiap postnya, sama dengan title tag di halaman beranda. Padahal setiap halaman posting tentu memiliki kata kunci yang ingin ditarget. Ini akan menimbulkan kerancuan pada mesin pencari, dan bisa jadi malah hilang dari result terdepan.

Penggunaan Tag Header

Point penting selanjutnya adalah penggunaan tag header mulai dari H1 – H6. Gunakan 1 kali tag header H1 yang mengadung keyword yang ditarget. Gunakan juga H2, H3 dst, sesuaikan dengan jumlah kata dalam artikel.

Format Bold, Italic dan Underline

Gunakan ketiga format tersebut untuk menegaskan keyword-keyword yang digunakan.

Title Tag Gambar

Gambar yang kita tampilkan dalam halaman blog kita bisa membantu meningkatkan kekuatan seo blog. Caranya dengan menyisipkan tag alt yang berisi keyword yang ditarget.

Share Ke Social Media dan backlink

Ini juga point penting juga. Semakin banyak yang merekomendasikan dan backlink ke blog kita tentu semakin meningkatkan kekuatan SEO blog. Bantu mereka untuk share dengan menyisipkan tombol share di bawah posting. Bangunlah backlink dan promosi sesuai kebutuhan.

Gunakan Plugin SEO Terbaik

Plugin SEO terbaik 2013ƒβ€š yang sering digunakan temen-temen blogger adalah All in One SEO Pack, WordPress SEO by Yoast, SEO Ultimate, dll. Gunakan sesuai pilihan Anda. Dengan plugin ini, kita bisa menyisipkan keyword-keyword terkait posting ke dalam tag description. Karena mesing pencari cenderung membaca uraian description setelah title.

Percepat Akses Loading Blog

Selain point-point diatas, satu hal yang jangan dilupakan adalah kecepatan loading blog. Semakin cepat akses blog, akan semakin mudah direkomendasikan ke urutan terdepan hasil pencarian. Untuk mempercepat akses blog, bisa menggunakan theme wordpress fast load, kompresi javascript css, mengurangi jumlah query, membuat CDN, penggunaan plugin cache,dll.

Content is The King

Perlu diingat, konten adalah raja dalam sebuah blog. Apalagi jika ingin mendapatkan pengunjung yang berlimpah, tentu kita harus memperbesar peluang tersebut dengan cara rutin update posting baik secara kualitas maupun kuantitas.

Sekian sedikit artikelƒβ€š Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly, semoga bisa menambah wawasan blogging kita.

12 thoughts on “Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly

  1. tanks gan. saya dah pake yoarst tapi ketika posting saya publish dan saya cek pake seo quake h1 nya missing. caranya gmana gan supaya h1 nya ada. mohon sarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: