Cara Membuat Blog Pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi

Jika yang lain menulis tutorial tentang trik meningkatkan pengunjung blog, kali ini saya akan share tutorial yang mungkin nyleneh aka aneh. Bagaimana tidak, Saya akan share tentang cara membuat blog pribadi namun blog pribadi yang saya maksud disini adalah sebuah blog yang hanya bisa diakses oleh user yang terdaftar saja. Jika ada sebuah blog dengan konten premium akan membuat posting premium yang diprivate (dipassword), maka bagaimana jika yang kita buat nanti adalah sebuah blog yang keseluruhannya dipassword :D.

Bisa dibilang ini blog memang bersifat rahasia atau individual. Atau bisa juga akan diisi content-content premium atau informasi penting sebuah perusahaan. Karena bersifat rahasia, maka akan diseting tidak terindex oleh mesin pencari. Hanya mereka yang diberi otorisasi akan mempunyai akses untuk masuk.

Pertanyaan yang mungkin muncul, kenapa kok nulis cara membuat blog pribadi yang gak bisa dibuka orang. Orang blog saya aja pengen dikunjungi ribuan lebih orang situ malah pengen di-private. Namanya juga pengen nulis yang lain dari biasanya, 😀

Memulai Membuat Blog Pribadi

Blog yang akan dibangun disini menggunakan wordpress self hosting. Step awal bangunlah blog wordpress Anda seperti biasa. Saya anggap temen-temen sudah bisa menginstal wordpress di hosting ya. Jika belum banyak sekali tutorial diluar yang mudah dipahami kok.

Jika sudah selesai proses instalasi wordpress, ada 3 langkah yang sangat mudah untuk membuat blog pribadi ini.

1. Private Only Plugin

Instal dan aktifkan plugin Private Only Plugin yang sudah tersedia di direktori plugin wordpress.org. Plugin ini berfungsi mengarahkan halaman login bagi yang tidak mempunyai hak akses berupa username dan password.

Cara Membuat Blog Pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi

Plugin ini juga terdapat penyetingan untuk mengupload logo untuk mengganti logo wordpress diatas form login.

2.‚Disable RSS Plugin

Meskipun sudah menginstal‚Private Only Plugin, namun ternyata pengunjung masih bisa menikmati tulisan-tulisan di posting blog Anda melalui RSS / Feed blog tersebut. Nah celah tersebut akan tertutupi dengan menginstal plugin Disable RSS Plugin ini. Instal dan aktifkan plugin ini ke daftar plugin Anda.

Cara Membuat Blog Pribadi

Hasil Kerja Disable RSS Plugin

3. Blok Search Engine

Nah kedua cara tersebut ternyata belum cukup untuk membuat blog pribadi yang betul-betul private. Trik ketiga adalah dengan mem-block blog dari mesin pencari. Jika hal ini tidak dilakukan maka akan terdapat kemungkinan link-link di blog ter-crawl oleh robot mesin pencari.

Caranya masuk ke halaman privacy yaitu pada‚ Settings > Privacy > pilih ¢‚¬“Ask search engines not to index this site.¢‚¬ kemduian Save.

Cara Membuat Blog Pribadi

Blok Seacrh Engine

Ada yang mau membuat blog dengan tips cara membuat blog pribadi‚dengan cara diatas? 😀

35 thoughts on “Cara Membuat Blog Pribadi

  1. Walaupun deskripsi blog saya berbunyi “Just Personal Blog”, tetapi saya rasa. Yang saya inginkan hanyalah berbagi untuk sesama. Jadi saya tidak akan menggunakan cara di atas? 😀

  2. Itu blog untuk ngisi catatan dosa seumur hidup, nanti kalau pas dituntut masuk neraka, kita bisa nego dikit dengan ngasih argumentasi yang tercatat di blog :D.

  3. Ini benar-benar individual, privat, personal, dan cara membuat blog yang paling rahasia yang pernah ada.
    yah, keren banget sih.
    bagi yang punya dosa banyak, berfungsi juga sebagai diary dadakan yak??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: