Cara Memblokir Pengunjung Blog Dari Negara Tertentu

Memblokir Pengunjung Blog

Salah satu tolok ukur kesuksesan sebuah blog adalah lalu lintas (traffik) yang datang ke blog tersebut. Traffik yang tinggi akan membuka lebar peluang untuk me-monetise-kan blog tersebut dalam menghasilkan pundi-pundi uang. Jika blog tersebut berbahasa inggris dan mempunyai target traffik dari luar negeri tentu $$$$ yang menjadi tujuan utama. Bisnis adsense menjadi pilihan utama dalam aktivitas blogging tersebut.

Informasi dari temen yang mencoba bergelut di bisnis adsense mengatakan bahwa harga klik dari IP Indonesia sangat kecil sekali dibandingkan dengan klik dari negara lain. Harga klik rendah juga berasal dari IP negara lain seperti filiphina, thailand, brasil, iran, dll. Dari pengalaman tersebut ada sebuah keinginan untuk bagaimana cara membokirnyaƒโ€š dari negara-negara tersebut.

Ada dua cara dalam memblokir pengunjung blog yaitu teknik .htaccess dan menggunakan plugin. Disini saya hanya akan memberikan informasi cara memblokirnya menggunakan plugin. Plugin tersebut bernamaƒโ€š iQ Block Country.

iQ Block Country untuk Memblokir Pengunjung Blog

Versi terakhir plugin iQ Block Country adalah versi 1.0.4. Silahkan download plugin tersebut diƒโ€š http://wordpress.org/extend/plugins/iq-block-country/ dan ekstrak di wp-content/plugins. Kemudian aktifkan plugin.

Memblokir Pengunjung Blog iQ Block Country

Memblokir Pengunjung Blog dengan iQ Block Country

Setelah plugin sudah aktif, masuklah ke halaman setting pluginƒโ€š iQ Block Country. Anda tinggal klik negara mana saja yang ingin di blokir aksesnya. Gunakan tombol Ctrl jika ingin klik beberapa negara. Jika sudah jangan lupa Save Chages.

Itulah cara praktis untuk memblokir pengunjung blog. Semoga bermanfaat

64 thoughts on “Cara Memblokir Pengunjung Blog Dari Negara Tertentu

  1. wah. .
    harusnya ane terapin ini buat adsense. .
    cos ane ga demen kalo ada visitor indonesia. .
    tapi ntar ane ga bisa buka web ane sendiri lagi ๐Ÿ˜€

  2. wah, klo aku mah suka2 aja ada pengunjung dari berbagai negara. secara gak ngejar pundi2 juga dari blog.. hanya mengejar emas *eh* ๐Ÿ˜†

  3. ane ga ikutan gan yang begituan, sedikit atau banyak nilainya semua itu sangatlah berguna bagi blog kita kan gan.betul ga?

    • Berarti trik ini hanya untuk yang tidak memerlukan page impression dari negara yg diblok itu mas.. hihi..
      Saya cuma share plugin aja kok mas… Saya juga belum menerapkannya, nyoba sekali di blog ini langsung say hapus lagi.. cuma ngetes…

  4. Wah, kalau saya pakai Opera Turbo yang dikompresi oleh server Opera, bisa-bisa diblok juga nanti, soalnya kan server yang digunakan bisa di negara-negara yang berbeda :).

    Kalau SEO-nya bagus, biasanya ndak perlu khawatir meleset sedikit dari negara yang berkunjung, paling presentase-nya kecil. Tapi kalau meleset banyak, ya itu artinya si empunya blog belum siap berbisnis di Internet :D.

    • Hehe bener mas Cahya, kalo pake opera turbo itu kan ngeblog dari negara yang akan kita akses mas, kalo trik ini ngeblok yang akan mengkases blog..
      Semoga nanti klo udah masuk dunia itu saya gak ikutan yg meleset itu mas,, kalo untuk awal tak masalah lah… ๐Ÿ˜€

      • Maksud saya, kalau saya blog A ngeblok akses dari negara Norwegia, dan saya dari Indonesia mau akses blog A, tapi karena saya pakai Opera turbo maka yang mengakses blog A adalah server Opera di Norwegia yang baru kemudian dikirimkan pada saya di Indonesia, artinya Opera tidak diizinkan membuka blog tersebut.

  5. Kan malah bisa mengurangi potensi penghasilan jadinya? Oya, kirain saya untuk memblokir potensi spam atau bot dari negara lain :) Ternyata untuk yang main adsense toh.

    • Iya mas utk bermain adsense yg hanya ingin trafik dr negeri tertentu. Kalau SEO udah bagus pasti cara ini gak perlu diterapin.. kadang org adsense gak mau klik dari negera tertentu itu karena perbandingan kliknya yg ckup jauh.. jadi konsen ke monitoring traffik dari negara yg diincarnya…

  6. Saya nggak pernah memblokir pengunjung mana pun. Saya publish artikel siap untuk dibaca siapa saja. Kalau pun ada hal-hal negatif yang ditimbulkan, yahh anggap saja resiko ngeblog di internet. :)

    • Saya agak lupa tapi pada intinya plugin ini kerjanya hampir mirip dengan teknik penambahan script pada .htaccess, jika nemu nanti saya share…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: