Cara Kreatif Meningkatkan Penggemar Halaman Facebook

Cara Kreatif Meningkatkan Penggemar Halaman Facebook. Facebook saat ini bisa menjadi senjata utama sebuah korporasi bisnis untuk meningkatkan jumlah konversi penjualannya. Lewat media inilah jarak antar penjual dan calon pembelinya tidak ada sekat lagi. Info terbaru bisa langsung tersebar ke ribuan bahkan jutaan orang dalam hitungan detik saja.

Salah satu kunci untuk sukses dalam campaign produk-produk dari sebuah perusahaan melalui facebook adalah banyaknya pengguna facebook yang bergabung pada halaman landing pagenya. Semakin banyak yang bergabung semakin besar pula peluang menyebarkan sales letter untuk menawarkan sejumlah produknya tersebut. Penggunaan media ini lebih efektif dan lebih minim dalam hal biaya. Hal ini juga berlaku untuk jejaring sosial lainnya seperti twitter yang lebih praktis. Saya menyebutnya Follower is King.

Jika Anda seorang bisnisman yang ingin memafaatkan halaman page sebagai salah satu media pemasaran, ada banyak cara kreatif yang bisa meningkatkan jumlah penggemar yang bergabung yang akhirnya akan menjadi pemmbeli dari produk Anda. Jika dulu banyak yang beranggapan dengan cara “Suggest ke Teman” dengan memanfaatkan javascript untuk mencentang seluruh teman dari yang sudah bergabung , untuk saat ini sudah tidak berlaku lagi. Facebook sudah membatasi jumlah teman yang bisa disuggest. Namun ada cara lain yang lebih kreatif. Cara-cara kreatif tersebut antara lain :

Cara Kreatif Meningkatkan Penggemar Halaman Facebook

Embed Plugin Facebook ke Widget Website / Blog

Jika Anda mempunyai web/blog yang ramai pengunjung Anda bisa memanfaatkan aset tersebut agar bergabung ke landing page bisnis Anda dengan cara memasang plugin facebook landing page ke widget/sidebar web/blog. Pembaca bisa langsung bergabung menjadi penggemar dengan menekan like. Plugin yang umum digunakan adalah plugin facebook jenis like box. Anda bisa mendapatkan kodenya disini. Plugin lain seperti Live Stream, Facepile, facebook Comment dapat dicek disini.

Anda juga bisa lebih kreatif lagi menggunakan tab fbml yang diisi dengan gambar-gambar menarik ucapan selamat datang bagi yang belum bergabung. Gambar yang memberikan persuasi untuk pengunjung baru agar segera klik likes tanda bergabung ke dalam landing pagenya.

Membuat Video Selamat Datang

Seperti halnya penggunaan tab html sebagai ucapan selamat datang sebuah landing page, Anda juga bisa lebih berkreasi menggunakan video agar welcome message tersebut lebih menarik. Buatlah persuasi yang mengarahkan untuk bergabung.

Cara Kreatif Meningkatkan Penggemar Halaman Facebook

Welcome Video

Gunakan Aplikasi Facebook

Sebuah halaman landing page bisa dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang bisa lebih menarik penggemar. Aplikasi bisa berupa gift, poll, updater status dan lainnya. Banyak penyedia pembuatan aplikasi facebook gratis yang bisa dimanfaatkan.

Integrasikan Facebook Comment

Facebook comment selain untuk media interaktif kepada penggemar juga bisa dimanfaatkan untuk marketing. Karena dengan menggunakan facebook comment ini, komentar penggemar akan publish di wall profil facebooknya. Jika penggemar mempunyai teman yang sedang online ratusan bahkan ribuan dan mengetahui informasi ini, tentu akan lebih membuka peluang lebar peningkatan jumlah penggemar yang akan bergabung. Anda bisa memanfaatkan kode yang disediakan facebook berikut ini.

Facebook Comment

Facebook Comment

Tag Foto ke Penggemar

Facebook akan menampilkan foto-foto yang ditag ke dalam news feed dan dapat dilihat oleh seluruh teman penggemar lainnya. Hal ini bisa menjadi trik khusus agar lebih dikenal halaman landing page kita.

Membuat Video di Facebook

Sejak ada penambahan fitur di video facebook yang dapat menyisipkan link di bagian sudut kiri atas bisa dijadikan media menarik untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan penggemar baru untuk landing page bisnis anda. Buatlah ending video yang menunjuk link tersebut agar penggemar tertarik untuk klik dan bergabung ke landing page.

Video Like Button

Video Like Button

Memasang Facebook Ads

Facebook juga menyediakan layanan iklan di facebook (Facebook Ads). Dengan menggunakan layanan ini Anda bisa lebih tertarget dalam mencari penggemar landing page anda sesuai kategori yang anda inginkan. Anda menentukan dimana saja iklan tersebut akan tampil sesuai kategori tertentu seperti jenis kelamin, umur, tempat tinggal, hobi dan sebagainya. Anda yang menyediakan dana khusus untuk marketing bisa menggunakan cara efektif ini. Iklan ini akan tertampil dibagian kanan halaman facebook dan disisipi like button. Jika ada yang klik like button tersebut maka otomatis akan menjadi bagian dari landing page Anda.

Memasang Iklan di Facebook

Memasang Iklan di Facebook

Adakan Sebuah Kontes

Hal ini sering saya temui pada landing page perusahaan-perusahaan besar yang baru memanfaatkan landing page sebagai slaah satu media marketingnya. Biasanya jumlah penggemarnya baru sedikit. Trik yang digunakan adalah membuat tab fbml yang hanya bisa diakses oleh pengemarnya saja. Jika belum menjadi penggemar maka tab tersebut akan diberikan penjelasan hanya bisa dibuka oleh penggemar, silahkan klik untuk mengikuti kontes. Untuk pasar lokal biasanya memberi iminng-iming BB sebagai hadiahnya. :D

Sambungkan ke Twitter

Anda bisa menggabungkan landing page Anda ke akun twitter sehingga update-update terbaru bisa langsung terpublish di kedua media jejaring sosial tersebut. Cukup kerja sekali. Petunjuk lebih lanjut bisa menuju ke landing page twitter disini.

Gunakan Media Cetak

Jika memang dianggap perlu maka anda bisa menggabungkan kekuatan media cetak untuk memperkenalkan halaman landing page bisnis anda agar semakin dikenal luas. Sertakan link landing page dan juga link twitter anda. Akan semakin banyak lagi yang akan berkunjung dan menjadi penggemar.

Tampilkan di Toko Anda

Jika bisnis anda berbasis toko fisik maka tampilkan juga link landing page dan twitter di toko anda. Bisa ditampilkan di neon box, brosur, leaflet, dsb yang bisa dilihat oleh pelanggan anda.

Gunakan Tombol Share

Pada tab fbml anda juga bisa menyisipkan tombol share agar penggemar bisa share link halaman tersebut kepada teman-temannya yang lain. Hal ini lebih efektif daripada suggest to friend.

Share Facebook

Share Facebook

Gunakan Tag @

Seperti halnya di twitter, tag @ bisa digunakan untuk mention pengguna facebook yang sudah bergabung ke landing page bisnis kita. Sebut nama mereka dan ajaklah berdiskusi agar terjadi interaksi dan timbal balik yang baik. Anda juga bisa gunakan untuk mengumumkan siapa saja yang menjadi pemenang jika anda mengadakan sebuah quiz. Anda juga bisa menggunakannya pada wall profil facebook anda untuk menyebut halaman landing page.

Tag Mention @ Facebook

Tag Mention @ Facebook

Sarankan ke Teman

Cara terakhir kita bisa juga memanfaatkan sarankan ke teman ini meskipun jumlahnya hanya sedikit.

Suggest to Friend

Itulah Cara Kreatif Meningkatkan Penggemar Halaman Facebook. Semoga bermanfaat.

Gratis Tutorial WP Via Email!

Follow us!

Related Post :

Comments & Responses

41 Responses so far.

  1. iskandaria says:

    Komplit sekali mas cara-caranya. Sayangnya, saya sendiri belum memasang widget facebook ini di blog saya. Semata-mata untuk meringankan loading saja. Namun bukan tidak mungkin suatu saat akan saya pasang.

    • dHaNy says:

      Saya sendiri jg belum memasangnya kok mas.. Kebanyakan blogger yang ingin facebooknya rame paling banyak memasang widget facebook…

  2. Jeprie says:

    Facebook makin menyebalkan saja sekarang. bagi saya, FB sudah tidak menarik lagi.

  3. Alam says:

    wah.. boleh dicoba nih cara..

  4. lowongan kerja medan 2011 says:

    Kalau saya iklan ke facebook nya Mas yang belum sanggup.

  5. keren nih tips nya bro.. :)

    BTW, LIKE Fanspage facebook blog ane jg dong.. di : http://www.facebook.com/pages/Garuda-Sejati/176231069074933

  6. Suke says:

    masalahnyo sekarang dah mulai pada bosen pesbukan… :)

  7. adin says:

    tipsnya kumpli, nyambi jadi admin FB ya mas? hehehe

  8. shinta sari says:

    ok, aq mw praktekkin dulu, mksh maz ^^

  9. Edward Rhidwan says:

    tipsnya kreatif memang. saya sedang mencoba mas. terima kasih.

  10. [...] Jika sebelumnya saya membahas 30 Akun Twitter Yang Membahas Tutorial dan Tips WordPress dan  Cara Kreatif Meningkatkan Penggemar Halaman Facebook, kali ini saya juga akan membahas trik dan cara promosi facebook melalui blog. Facebook yang saya [...]

  11. wow ternyata cara ini bagus sekali untuk meningkatkan jumlah penggemar

  12. Luar biasa… lengkap bgt gan ??? tp sayang,,ane udah nyerah buat usaha cari liker di fanpage… udah coba ini-itu tp ttp aja cuma dikit yg mau like… :((

  13. Andry Surya says:

    makasih infonya gan kunjungi balik yahhhh:

  14. article ini yg aku cari, ane lagi gencar-gencarnya cari penggemar nieh mas, like dunk dijamin pasti bermanfaat, ane kan update teruz http://www.facebook.com/pages/TokoOnlineBarucom/292756047442279

  15. erwin says:

    mantap artikelnya,, ini yang aku cari cari….. makasih mas DHANY………. peh penggemar fanpage ku harus segera banyak nih… mas dhany fanpage nya apa? boleh tau.. ? klo saya ini mas http://www.facebook.com/tahukress

  16. Gan kalau disini banyak temen2 yang sering ke luar kota bahkan ke luar negri yang ingin mendapatkan harga tiket termurah bisa nge like halaman facebook kami _www.facebook.com/tiketpesawats

  17. jual hp says:

    menurut saya kok kurang pas ya klo campaign di fb soalnya saya pribadi kalo buka fb tujuan hanya untuk having fun,kalo cari barang ya langsung aja tanya google…mungkin akan lebih optimal jika campaign di adword.sekali lagi ini cuma sudut pandang saya aja mas mohon dikoreksi kalo ada salah saya

    • dHaNy says:

      memang benar mas user facebook hanya ingin having fun disana, namun begitulah adanya, kita bisa kasih sampel perusahaan2 besar sekelas coca cola, apple, artis sekalipun mereka mggunakn facebook utk branding n campaign meskipun namany sudah baik…

  18. woow,, info yang sangat menarik,,,, thanks…….

  19. Wah banyak cara yang bisa dilakukan y. Kalo saya mengakalinya dengan menyediakan link download tp disembunyikan di halaman facebook. Link g keliatan bagi non penggemar, mau g mau harus klik like kan. Tapi ya syaratnya harus bisa nangkring di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu, dengan ini new visitor akan selalu berdatangan dan penggemar semakin banyak.

  20. Caranya Betul2 Lengkap… Terima Kasih buat ADMIN sudah Posting Artikel ini.

  21. pulsa says:

    tank infonya silakan di liat gan infonya

  22. riadun says:

    gan ane mau tanya ada trik supaya halaman di fb saya banyak yg like. coz ane sedang mencari dukungan buat ngelamar do’i ane. karna hubungan ane ma do’i ane gak di setujuin sama orang tua nya doi. tolong bantuan nya gan. terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jawab Dulu: