Cara Mengecek Duplikat Konten

Cara Cek Duplikat Konten Blog

Cara Mengecek Duplikat Konten

Anda bermasalah dengan tulisan-tulisan di blog Anda yang sering di curi oleh blogger plagiat? Memang menjadi momok tersendiri jika kita capek2 menulis dengan konten yang unik dan original, namun ternyata cuma menjadi bahan copy paste blog lain.

Momok yang paling menakutkan adalah blog yang sering melakukan duplikat konten akan mengalami musibah de-index oleh mbah Google. Mengerikan kalau hal ini terjadi, apalagi melihat aktivitas ngeblog sudah berlangsung cukup lama.

Cara Cek Duplikat Konten Blog

 

Nah cara mengecek duplikat konten pada sebuah halaman web/blog telah disediakan beberapa tool online gratis. Dimana kita cukup memasukkan URL yang ingin kita liat duplikat kontennya. Berikut saya share tool online tersebut.

Cara Mengecek Duplikat Konten

#1 Copyscape.com

Copyscape memang telah menjadi situs cek plagiat online paling populer sampai saat ini. Dia punya dua versi kepenggunaan baik gratis maupun berbayar. Jika menggunakan versi gratisan, Anda hanya bisa mengecek duplikat konten dari halaman-halaman yang telah dipublish sebelumnya, namun tidak bisa menjangkau untuk posting-posting yang baru saja diupdate. Serta kita dibatasi 3 kali pengecekan dalam sehari.

#2 Plagspotter.com

Belum lama saya mengenal situs ini. Dengan desain biru colorful namun tetap elegan, kita cukup memasukkan URL posting kita maka akan keluar resultnya lengkap dengan presentase plagiatnya.

plagspotter

#3. Duplichecker.com

Please Enter Your Text Below And Press Search:
Or Browse a Docx Or Text File:

Kalimat itulah yang akan kita temui di halaman Duplichecker ini. Jika merasa kurang puas dengan 2 tool diatas yang cukup memasukkan URL post. Dengan Duplichecker ini, kita bisa cek lebih mendetail lagi dengan copy paste text yang kita post. Kita juga bisa langsung upload melalui file docx yang kita miliki. Bisa jadi misalkan Anda punya dokumen yang ingin diupdatekan di blog, kita bisa mengeceknya apakah sudah dibahas di blog lain atau belum. Kapasitas text yang disediakan cukup longgar juga sampai 1500 kata.

#4. Plagiarisma.net

Tool cek duplikat konten ini telah support lebih dari 190 bahasa. Tool ini bisa jadi merupakan gabunga dari ketiga tool diatas, yaitu bisa cek dalam bentuk teks atau cukup memasukkan URL saja. Tool ini tidak hanya support untuk search engine Google, namun juga YahooBing dan Babylon.

#5 SmallSEOTools.com

Ini yang biasa saya gunakan. Setelah saya selesai draft posting saya tinggal copas kedalam form yang disediakan dan submit. Hasilnya bisa terlihat berapa persen tingkat duplikatnya dan ada detail bagian mana yang original (ditandai warna hijau) dan bagian mana yang duplikat (ditandai warna merah).

#6 Siteliner.com

Siteliner ini sering saya gunakan untuk cek tingkat duplikat konten dalam 1 blog penuh. Tinggal masukkan url homepage blog dan GO, kita tinggal tunggu hasilnya.

 

Sampai disini dulu sharing saya mengenai Cara Mengecek Duplikat Konten, jika ada tambahan lagi akan saya update kedepannya. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *