Blogger Termuda Dunia

Blogger Termuda

Blogger Termuda

Tahukah Anda siapa blogger termuda yang pernah ada di dunia? Ternyata eh ternyata blogger termuda itu berasal tidak jauh dari negara kita dan masih serumpun dengan negara kita yaitu Malaysia. Negara yang sering menimbulkan kontroversi dan aksi anti malaysia karena sering melakukan klaim budaya Indonesia dan permasalahan perbatasan.

Siapakah Blogger termuda itu?

Dia adalah Gloson (Dai Youheng). Gloson tercatat memulai ngeblog pada bulan November 2008 ketika berusia 11 tahun dengan alamat domain blognya http://www.glosonblog.com/. Saat ini Gloson masih berusia 12 tahun. Masih belia bukan? Gloson bercerita bahwa Ibunya Grace Khong selalu mendorongnya untuk memulai blog pada tahun 2008. Selama liburan sekolah di bulan November, bukannya menghabiskan liburan di seperti anak-anak normal, ia mulai aktif blogging selama waktu luang.ƒβ€š  Blog ini adalah tentang segala sesuatu yang ia pelajari!

Nama Gloson sendiri telah diakui dunia dan tercatat sebagai peringkat 1 Top 100 World’s Youngest Bloggers dan telah dicantumkan di Shin Chew, koran lokal paling terkenal di China.

Profil singkatnya menurut Shin Chew

Namaƒβ€š ƒβ€š  ƒβ€š : Gloson (Dai Youheng) Umurƒβ€š ƒβ€š  ƒβ€š : 12 tahun Keahlian: Familiar dengan perangkat lunak komputer dan jaringan, menyiapkan situs pribadi, pandai membuat puisi Inggris dan film pendek.

Pertumbuhan dan proses pembelajaran:

  • 1 tahun bisa menyanyi dan membaca dalam bahasa Cina dan Inggris
  • 2 tahun mulai belajar dan mengeksplorasi komputer
  • tahun diundang untuk tampil di atas panggung dalam menyanyi bahasa Inggris, membaca dan menceritakan kisah-kisah
  • 10 tahun mulai membuat tahun pendek membuat situs blog sendiri
  • 11 tahun Gloson suka bermain komputer, tetapi dia tidak kecanduan video game dunia, perkelahian, dan pertempuran melalui level, tapi membuat blog sendiri, menulis 100 puisi dalam puisi bahasa Inggris dan produksi film pendek dalam waktu singkat telah menarik jutaan pengunjung.

Banyak sekali bakat dan karya yang telah diciptakannya, jika penasaran silahkan langsung baca profilnya di Shin Chew (http://mykampung.sinchew.com.my/node/53679?tid=29) atau langsung berkunjung ke blognya di http://www.glosonblog.com/. Akan terlihat jelas wajah belianya di header blognya.

Sedikit tips dari Ibu Gloson yaitu menonton dan membaca buku-buku ensiklopedia gambar merupakan langkah yang sangat penting, sebagian orangtua menolak anak lama bermain komputer atau nonton TV, tapi dia percaya bahwa yang paling penting adalah bagaimana anak-anak belajar dari kegiatan ini untuk hal yang berbeda.

Bolehkah saya membandingkan? Bagaimana dengan kita? Berapa usia Anda sekarang? Sudahkah Anda mempunyai blog? Jika sudah mempunyai blog, pada usia berapa kita mulai mengenal dan membuat blog? Saya sendiri baru membuat blog pada bulan desember 2009 dan usia saya sudah 22 tahun (http://danisetiyawan.blogspot.com dan http://danisetiyawan.com).

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa Gloson sang blogger termuda dunia ini dapat memanfaatkan blog sebagai media belajar bagi dirinya. Dengan blog Gloson mampu mengasah bakatnya dengan belajar dari blog-blog lain yang mungkin berasal dari negara-negara lain. Gloson juga mampu memperoleh ilmu-ilmu baru yang tidak terpikirkan olehnya sebelumnya. Sehingga ilmu-ilmu baru yang telah didapatnya melalui ngeblog ini mampu membawa prestasi tersendiri bagi dirinya, keluarganya, negaranya dan telah mengukir prestasi dunia. Inilah tantangan globalisasi sebenarnya.

Sekian dari saya.

Salam blogger dan Salam Sukses

18 thoughts on “Blogger Termuda Dunia

    • Hehe bisa aja mas Joko, Gloson sejak kecil memang sudah terlihat beberapa bakatnya dan Ibunya tanggap akan hal itu serta menfasilitasinya maka jadilah dia seperti sekarang ini.
      Inspirasi untuk kita yang punya anak atau calon orang tua, hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab Dulu: