Backup Database WordPress dengan Google Drive

Backup Database WordPress dengan Google Drive

Halo kawan, rindu sekali rasanya saya coret2 lagi di blog ini. Sekian lama saya vakum tiada aktivitas menulis karena pekerjaan offline yang cukup menyita pikiran saya.

Kali ini saya ingin coba share tentang backup database wordpress, dimana aktivitas ini saya rasa penting bagi pengelola web atau blog yang serius mengelola blog nya. Apalagi bagi rekan blogger yang memanfaatkan share hosting, karena besar kemungkinan suatu saat server yang kita sewa terjadi down atau rusak yang terkadang menghilangkan sebagian atau seluruh data online kita.

Bagi kamu-kamu yang kurang memiliki waktu untuk sekedar buka-buka dasbor atau cpanel hosting, tool backup otomatis akan menjadi pilihan tentunya. Bagi pengguna WP saya merekomendasikan untuk membackup otomatis database wordpress Anda ke Google Drive menggunakan plugin Google Drive for WordPress.

Mengapa Google Drive?

Google drive merupakan layanan penyimpanan baru (cloud storage) dari Google yang memberikan ruang 5GB gratis kepada usernya. Namun jika sudah melewati 5GB-25GB hanya cukup membayar $2.45 per bulannya.

Jadi saran saya, pakai saja ini plugin dan set otomatis update tiap bulan. Jika space di Google Drive mulai menipis mulai hapus saja backupan disana.

Cara Backup Database WordPress ke Google Drive

1. Download dan instal pluginƒâ€š Google Drive for WordPress.

2. Configure Google Drive

Disini Anda harus mengisi Client ID dan Client Secret dari project Anda di Google Drive. Anda belum membuatnya bukan? Buka saja link Google API Console disana.

3. Buatlah project untuk membuat authorized client ID.

Isi product name dan product logo sesuai keinginan Anda kemudian klik Next.

Isi dari Authorized Redirect URIsƒâ€š silahkan ambil di halaman configure google drive seperti : “http://yoursite.com/wp-admin/admin.php?page=configure_google&action=authƒÂ¢¢â€šÂ¬.

4. Kembali ke WordPress dan isi client ID dan Client Secret di configure google Drive. Anda sudah berhasil otorisasi wordpress Anda ke google drive. Anda tinggal setting untuk backup bulanan atau harian.

Selamat mencoba

Backup Database WordPress dengan Google Drive

41 comments

  1. Leo Ari Wibowo Reply

    Kaya’nya media penyimpan file online sering dijadikan dijadikan tempat backup WP ya. Dulu Dropbox, sekarang Google Drive. Kalau Sky Drive kapan yo mas? Kan spacenya lebih gede tuh, 25 GB :).

      • Toko Baju Pria Original Reply

        Ini memberatkan server kita nggak ya Mas? kalau sekaligus data2 filenya bisa nggak ya? sebelumnya terimakasih ya infonya, ini lebih baik daripada dikirim ke email

        • dHaNy Post authorReply

          Tidak mas, backup kan cuma sekali proses saja.. cuma nambahin list cron job untuk backup berkala dengan plugin tersebut..

  2. Jefry Reply

    Saya pernah sekali kehilangan data dalam blog karena tidak membackup datanya terlebih dulu
    terima kasih atas infonya, ijin membookmarknya dulu

  3. Alwi Reply

    Postingan membahas hal yang sangat penting dan vital tapi sering disepelekan oleh para blogger/webmaster yaitu backup database dan hasilnya harus disimpan baik di media offline atau online supaya lebih aman, untuk backup data di komputer juga penting disimpan baik di media offline/online, saya baru saja kena musibah hardisk laptop dirusakin sama anak (digebrak-gebrak) dan naasnya saya belum sempat melakukan back up data (bisa sih direcovery tapi mahalnya gak ketulungan) yang hilang banyak banget datanya sampai 50 Giga.

    Seringkali kita menganggap remeh untuk melakukan backup karena lupa, belum punya waktu dan merasa bahwa data yang ada akan baik-baik saja, padahal kehilangan data penting itu ibarat terkena musibah, datangnya bisa kapan saja, bisa tiba2 tanpa diduga, yaa seperti laptop saya heeee.

    • dHaNy Post authorReply

      Bener mas, backup itu penting sekali karena klo udah ketemu masalah data hilang itu kyak mau kiamat,hehe…
      Terus sekarang bener2 gak bisa dikembalikan mas?

      • Alwi Reply

        Sementara hardisk lama masih saya simpan, nanya ke tukang jasa recovery mahal banget, minta 500 – 800 ribu, mau saya coba recovery sendiri, dulu pernah berhasil recovery memory card dan flashdisk yang error / terformat , mudah2an berhasil

        • dHaNy Reply

          Aamiin.. semoga pak.. saya dulu juga pernah kehilangan data harddisk 120GB mintanya 250rb… Tapi ternyata data2 penting yang saya harapkan malah tidak kembali… Malah semua lagu2 kembali semua, anehh…

  4. Putra Eka Reply

    Saya punya pengalaman yang buruk dengan database, posting dari awal tahun 2011 sampe pertengahan 2012 hilang karena vakum selama 3 bulan dan lupa bayar tagihan hosting.

    Untuk masih ada backup database di tahun 2010 🙁

    Saat ini saya memakai plugin wp db backup yang otomatis kirim backup database sql ke email gmail saya.

    Saya juga menggunakan dropbox untuk upload file backup. Saya ga mau kejadian ini terjadi untuk kedua kalinya

    • dHaNy Post authorReply

      Belajar dari pengalaman, saya dulu juga sempet mengalami kehilangan data setelah dihack orang, ternyata hacker tersebut juga berhasil menembus sampai pemilik hostingnya… data saya hilang, untung ada backup meskipun cuma beberapa postingan saja… data 3 bulan terakhir tak terselamatkan…

  5. Pingback: Sistem Keamanan Blog

    • Valentino Reply

      Hehe, wuahhhh makasihhhh banget infonya, selama ini saya backup manual saja di cpanel *kemana saja yah diriku*, thx bangetttt yah, mantap artikelnya, coba ahh 🙂

  6. eserzone Reply

    Baru tahu kalo ternyata bisa mensinkronisasi backup database ke google drive… Makasih bro atas turorialnya,,,,… Btw kelihatannya kita berdua mempunyai nasib yang sama yaitu jarang update blog lagi… wkwkwkwk

  7. Pingback: Sistem Keamanan Blog | Teknokita

  8. Pingback: Pentingnya Backup Data | Fajrunnisha Blog

  9. Ferdinand Reply

    apa google drive juga bekap postingan mas..? karena kayaknya plugin “wp-db-backup” yang saya pakai hanya bekap sql saja.. atau sebenarnya sudah termasuk? thanks… 🙂

  10. dingclick Reply

    ya kalau memang blognya sering di update perlu di backup tapi kalau blognya gak perna diurus ya biarkan saja.

  11. Pingback: Cara Backup Database Wordpress

  12. Bandung Tas Reply

    Koq saya baru tahu ya kalau google drive bisa backup wordpress. Jarang banget melakukan backup tapi membaca tips ini jadi pengen backup data di drive. biar langsung bisa praktek.
    Makasih Mas Dany Infonya.

  13. Pingback: Pentingnya Backup Data | ngawi portal

  14. Bams Reply

    thanks banget tutorialnya, sangat bermanfaat tentunya
    sebelumnya saya belum pernah backup db wp dengan google drive 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *