Antara Blogger dan Film

Halo rekan narablog semua. Kabar baik yang ingin saya denger dari kalian semua.

Pada posting kali ini saya ingin berbagi tentang informasi yang berkaitan dengan blogger dan film. Lalu apa kaitan antara keduanya? Apakah ada film tentang kehidupan blogger indonesia? Apa ada seorang blogger yang berperan sebagai pemeran film? atau mungkin seorang sutradara?

Jika itu persepsi kalian, itu salah. Sering kita lihat dalam blogosphere dan dan perfilman selalu mengadakan penganugerahan atau penghargaan terhadap hasil karya mereka. Jika blog sering diadakan kontes-kontes blog dan di dunia film diadakan ajang penghargaan yang sangat eksklusif. Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya tentunya.

Nah, Bagaimana jika blogger dan dunia film ini disatukan?

Ternyata saya baru mendengar ada sebuah komunitas blogger Indonesia yang suka akan film yang mengadakan vote film-film terbaik versi mereka. Komunitas ini bernama Indonesian Movie Bloggers Community (IMBlog Community). Saat ini mereka berkumpul di sebuah milis yahoo bernama indonesian_mbc. Saat saya berkunjung kesana ternyata baru ada 4 member. Setelah melihat historynya ternyata milis ini baru aktif bulan november tahun kemarin.

“Indonesian Movie Bloggers Community adalah kumpulan blogger film di Indonesia. Menonton dan menulis review film adalah bentuk ekspresi dan apresiasi kami pada film.”

Itulah deskripsi milis yang saya kutip dari milis tersebut.

Mereka ingin memberi apresiasi lebih kepada sineas-sineas favorit mereka. Mereka memiliki ide yang sama untuk mengadakan sebuah acara pemilihan film-film terbaik versi blogger maupun masyarakat umum. Pemilihan tersebut dilakukan melalui sebuah voting . Acara tersebut mereka namakan dengan Indonesian Movie Bloggers Choice Awards 2011 atau disingkat IMBlog Choice Awards.

Ini merupakan tahun pertama penghargaan terhadap sebuah film dari sebuah komunitas blogger. Karena memang komunitas tersebut umurnya baru beberapa bulan ini. Dan saya sendiri juga belum mengetahui siapa pemrakarsa dan ketua dari komunitas tersebut.

Namun bagi kita yang mengaku blogger Indonesia yang cinta akan film, tentu ini tidak boleh kita lewatkan untuk ikut berpartisipasi di dalamnya.

Kategori yang dinominasikan pada IMBlog Choice Awards

Kriteria film yang dinominasikan dalam IMBlog Choice Awards adalah film panjang (feature film) yang dirilis di Indonesia melalui jaringan bioskop komersil (21 Cineplek dan Blitzmegaplex) dan DVD/VCD orisinil mulai dari Januari ƒÂ¢¢â€šÂ¬¢â‚¬Å“ Desember setiap tahun diadakannya voting nominasi.

Ada beberapa kategori dan nominasi dalam pemilihan tersebut. Baik untuk film Indonesia maupun bahasa Asing.

Film-film yang terpilih dalam vote versi blogger dijuluki dengan Film “JAWARA“. Sedangkan Film-film yang terpilih dalam vote oleh pembaca dan masyarakat dijuluki dengan Film “TERSOHOR“.

Vote versi blogger (untuk film JAWARA) sudah diadain tanggal 19 Januari kemarin. Dan untuk pembaca (film TERSOHOR) masih diadakan vote sampai tanggal 15 Februari 2011. Saya belum tahu hasil vote untuk film JAWARA tersebut. Semoga ada member IMBlog Community yang membaca ini dan memberitahukan hasil vote film JAWARA tersebut.

Untuk mengikutinya bisa menuju link dibawah ini.

Film Indonesia – Tersohor

Film Asing – Tersohor

25 comments

  1. eser Reply

    Kalau saya memang suka menonton film, tapi masih sebatas tuk cari hiburan belum tertarik tuk membahas lebih lanjut tentang sebuah film

    • dHaNy Post authorReply

      Saya juga seperti itu mas Eser.. Jadi saya ikutan vote yang film tersohor bukan dari versi komunitas blogger pecinta film tersebut (karena infonya telat :lol:)

    • dHaNy Post authorReply

      Assalamualaikum, ALLAHU AKBAR!!! di jerman sedang ada pemilihan suara mengenai apakah ‘Islam sebuah
      agama, dan layak diakui?’ Jadi, mari kita bantuin saudara2 kita disana
      dengan mengunjungi link nya yg dibawah ini, setelah dibuka tolong pilih
      “Ja” yg artinya ‘iya’ kemudian tekan “Zur Auswertung” untuk mengirim.
      Link nya: http://www.tagesschau.de/inland/wulffrede112.html. Ayo kita sebarkan bantu saudara2 kita. ini bagian dari jihad..Posisi terakhir jawaban JA: 31,0% NEIN: 67,3%BANTUAN IKHWA FILLAH SANGAT DIBUTUHKAN!!

  2. Darin Reply

    Oooh berarti ini ajang kompetisi bagi para blogger2 yang sering mereview film/sinema? Begitu ya mas Dhan? Keren sekali! 😀

    Saya coba vote yang Film Indonesia dulu. Pengen tau apa aja yang disana…

    • dHaNy Post authorReply

      Bukan kompetisi istilahnya mas Darin.. Jadi mereka adalah komunitas blogger yang suka mereview film di blog mereka. Nah komunitas tersebut membuat acara vote film2 yang mereka nominasikan baik untuk membernya maupun umum. Begitulah adanya. Perlu ditelusur lagi eksistensi mereka,,,

  3. iskandaria Reply

    Wah, saya baru tahu nih mas. Sebenarnya saya suka nonton film dan dulu tergolong suka nulis review film di blog saya yang di blogspot. Namun belakangan saya udah jarang sih nonton film. Paling cuma di TV aja.

    Mau menuju link vote-nya dulu ah kalo gitu.

    • dHaNy Post authorReply

      Mari silahkan mas Is mumpung masih dibuka.. Info yang saya dapet telat jadi yang versi blogger dah gak bisa ikutan…

  4. gusse Reply

    hmm.. bakalan seru tu mas.. hmm bisa mengapresiasikan diri lewat video film, dan nggak hanya lewat tulusan, he he hmm sermangat terus.. blogger indonesia

  5. Rudy Azhar Reply

    Saya sebenarnya hobi juga nonton film, tapi akhir-akhir ini kesempatan nonton itu tidak ada jadi kurang tahu juga perkembangan perfilman.

  6. Ardianzzz Reply

    Filem? hmm, Saya suka filem-filem macam Conspiracy Theory atau Fiksi Ilmiah.

    Saya benci filem tentang binatang buas. 😛

    • dHaNy Post authorReply

      Lebih suka ke yang berbasis teknologi canggih ya mas ardianzzz? Apalagi dibumbui dengan action.. Keren banget…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *