5 Finalis Indonesia dalam Sony World Photography Awards 2011

Dunia fotograprafi nasional kini semakin diakui dunia. Lima forografer Indonesia lolos menjadi finalis Sony World Photography Awards 2011 yang diumumkan 1 Februari kemarin. Mereka adalah Hubert Januar, Gde Wira Brahmana, Alam Syah, Andiyan Lutfi dan Nara Pratama. Kita harus berbangga dan mendukung mereka untuk memenangkan kompetisi dunia tersebut. Dalam kompetisi tersebut mereka telah bersaing dengan lebih dari 105.000 peserta dari 162 negara di seluruh penjuru dunia.

Prestasi yang sangat membanggakan. Ada dua jenis kompetisi yaitu Professional competition dan Open competition. Kelimanya masuk dalam Open Competition namun dalam kategori yang berbeda-beda.ƒâ€š Hubert Januar di Seni & Budaya, Gde Wira Brahmana di Fashion, Andiyan Lutfi Alam & Margasatwa dan Nara Pratama di travel.

Foto Hubert Januar - Sony World Photography Awards 2011
Foto Hubert Januar - Sony World Photography Awards 2011

Jujur, aku sangat bahagia dan bangga juga karena saya ingin menunjukkan kepada dunia betapa indahnya Indonesia,” kata Hubert Januar dalam pesan e-mail nya.

Perasaan serupa juga diungkapkan oleh Gde Wira Brahmana: “Aku ingin tahu bagaimana aku bisa menjadi finalis tapi, tentu saja, aku sangat senang. Dan aku masih senang jika saya tidak akan menjadi pemenang. ”

Hubert mengirim tiga foto untuk dua kategori (Seni & Budaya dan Perjalanan). foto-Nya menggambarkan sabung ayam di Bali, balap sapi di Padang dan gunung Bromo di Jawa Timur. Sementara itu, Gde foto adalah tentang foto fashion yang dikombinasikan dengan Crime Scene.

Ada sepuluh kategori dalam Open Competition bagi siapa saja yang berminat dalam fotografi. Kategori tersebut adalah Action, After Dark, Architecture, Arts & Culture, Fashion, Nature & Wildlife, Panoramic, People, Smile and Travel.

Foto Hubert Januar - Sabung Ayam di Bali
Foto Hubert Januar - Sabung Ayam di Bali

Pada kompetisi Profesional ada 15 kategori dalam tigaƒâ€š subjek genre : Photojournalism & Documentary (Current Affairs, Contemporary Issues, People, Arts & Culture and Sport); Commercial (Campaign, Travel, Lifestyle, Still Life and Fashion); and Fine Art (Architecture, Portraiture, Landscape, Still Life and Conceptual). Pemenang kategori Profesional akan diumumkan pada tanggal 27 April pada upacara Sony World Photography Awards 2011 di Odeon Leicester Square, London.

Foto Hubert Januar - Balap Sapi di Padang
Foto Hubert Januar - Balap Sapi di Padang

Pemenang Sony World Photography Awards 2011 akan dipamerkan sebagai bagian dari World Photography Festival and Exhibitions di Somerset House, London. Dengan penekanan pada menciptakan jejaring sosial dan tempat pertemuan untuk fotografer, program festival, yang berlangsung dari 26 April – 1 Mei, menjanjikan suatu campuran pembicaraan eklektik, screenings, review portofolio, kritik rekan dan lokakarya. Pemenang Sony World Photography Awards 2011 ‘akan tetap terbuka sampai dengan 22 Mei 2011. Ayo bangsaku dukung putra bangsa ini menjadi pemenang kontes dunia ini. Harumkan nama bangsa. Kami bangga dengan kalian.

Referensi : exposure-magz.com

Maju terus putra bangsaku

35 comments

  1. Pingback: “Sapa Menyapa Sahabat” « BayuPutra

  2. dery Reply

    wah,, keren2 mas fotonya.. semua fotonya diambil dengan teknik yang tinggi..
    bangga dengan karya anak bangsa 😀

  3. aguscwid Reply

    Yang balapan sapi tuh jadi favoritku :)) btw mirip karapan sapi di madura yah?cuman kalo di madura kayaknya sapinya dirias semacam gitu deh.

    • dHaNy Post authorReply

      Iya tuh mas… detil banget…
      Saya kurang bisa mengomentari kalau fotografi…. Saya suka cipratan airnya begitu fokus….

  4. bayuputra Reply

    Selamat sore … dunia Photography memang tidak ada matinya .. selalu saja banyak ide-ide yang keluar … dan hebatnya lagi mereka bisa men shoot objek yang tak pernah terbayangkan oleh kita …

    • dHaNy Post authorReply

      Malem mas…. Maaf baru dibuka..
      Gambar memang bisa berbicara lebih dan menyimpan makna tersendiri mas…
      Salam dari Jogja…

  5. eser Reply

    Keren-keren fotonya… Belum lama ini juga setahu saya ada seorang fotografer yang mendapat pengakuan dunia internasional atas hasil jepretan beliau. Kalau ngga salah foto-fotonya tentang semut

    • dHaNy Post authorReply

      Betul mas.. Fotografer dari Cibinong mas Andiyan Lutfi karyanya sangat mengesankan berhasil mengabadikan koloni semut merah dalam bekerja sama mencari makan yang saat itu diberi kue brownis coklat. Berhasil menjadi headline dalam rubrik Science and Technology di Dailymail

  6. iskandaria Reply

    Fotonya bagus dan unik menurut saya. Semoga jadi pemenang ya mas. Kekuatan sebuah foto menurut saya yaitu terletak pada momen unik yang berhasil ditangkap oleh kamera dan juga adanya detail-detail.

    • dHaNy Post authorReply

      Iya mas mantebb banget jepretannya… Saya tidak bisa mengomentari dari segi fotografi… Sayangnya saya cuma dapet 2 foto itu…

    • dHaNy Reply

      Manteb2 mas.. Andai aja saya juga punya kamera canggih dan punya skill tinggi.. Tentu banyak sekali obyek sekitar kita yang bisa membuat inspirasi banyak orang…

    • dHaNy Post authorReply

      Besok pasti bisa beli sendiri mas.. Kalo udah suka jalan itu pasti ada… Saya sendiri juga belum punya… hihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *